nusabali

Made Ratih Tempa Diri Jelang ASG Vietnam

  • www.nusabali.com-made-ratih-tempa-diri-jelang-asg-vietnam

JAKARTA, NusaBali - Awal Juni 2024 akan berlangsung ASEAN School Games (ASG) di Vietnam. Vovinam menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di sana. Atlet vovinam, Ni Made Ayu Ratih Daneswari pun telah menempa diri untuk mempersiapkan diri ke ajang tersebut.

"Persiapan untuk ke sana sudah dilakukan sejak Februari 2024. Kami berlatih empat kali seminggu yakni di hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Latihan dilakukan sepulang sekolah dengan durasi tiga sampai empat jam," ujar Made Ratih kepada NusaBali, Selasa (16/4).

Terkadang, lanjut Made Ratih, dia menjalani latihan mandiri. Latihan mandiri dilaksanakan di hari lain atau di luar latihan bersama. Anak kedua dari empat bersaudara itu, menambah latihan agar kelak meraih hasil bagus di ASG. Apalagi, ASG 2024 Vietnam adalah yang pertama baginya.

"Juga yang terakhir bagi saya, karena saat ini saya sudah kelas tiga SMA," ucap atlet yang menempuh pendidikan di SMAN 1 Tabanan ini. Diketahui ASG adalah kejuaraan antar atlet yang masih sekolah di Asia Tenggara. Ada 15 atlet vovinam dipersiapkan mengikuti kejuaraan itu.

Mereka berlatih di Padepokan Vovinam, Kediri, Tabanan. Ratih mengatakan, di ASG dia hanya turun di satu nomor seni perorangan putri, Long Ho Quyen (Dragon Tiger From). Namun, nantinya akan diseleksi oleh KOI (Komite Olimpiade Indonesia) dan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) pada 20 Mei 2024 di Jakarta.

"Di Jakarta nanti, akan dilihat nomor mana yang akan dikirim ke ASG," jelas atlet yang memperkuat Indonesia di SEA Games 2022 Vietnam dan SEA Games 2023 Kamboja ini. Kelak, bila terpilih menjadi salah satu atlet yang berangkat ke ASG, Made Ratih berharap meraih medali emas.

"Target tentu saya ingin mempersembahkan yang terbaik, mendapat medali emas. Saya memasang target seperti itu, agar lebih termotivasi. Soal dapat atau tidak, urusan nanti. Yang terpenting adalah berusaha semaksimal mungkin," papar atlet kelahiran Denpasar, 24 April 2006 ini.

Mengenai persaingan di vovinam, lanjut Made Ratih, tetap berasal dari Vietnam. Sebab, cabang olahraga bela diri itu berasal dari sana. Lawan kuat lainnya dari Kamboja yang memiliki talenta-talenta cukup bagus. "Saat ini, belum diketahui Thailand turun atau tidak di vovinam. Jika mereka main, mereka juga salah lawan kuat," terang Made Ratih. 7 k22

Komentar