nusabali

Wisata Goa Raja Desa Jehem Terus Ditata

Kunjungan Meningkat, Pelaku Usaha Menggeliat

  • www.nusabali.com-wisata-goa-raja-desa-jehem-terus-ditata

BANGLI, NusaBali - Kunjungan wisatawan ke obyek wisata Goa Raja Waterfall di Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli alami peningkatan pada libur Lebaran. Kunjungan yang masih didominasi oleh wisatawan mancanegara tersebut berdampak pada peningkatan usaha di sekitar obyek, salah satu restoran yang makin menggeliat.

Menurut pengelola obyek wisata Goa Raja Waterfall, I Nengah Suadnyana, kunjungan wisatawan mengalami peningkatan pada libur panjang ini. Pada hari biasa, kunjungan biasanya mencapai 200 orang per harinya. Sedangkan pada musim libur ini tembus 300 orang per harinya. “Kunjungan wisatawan di Goa Raja selama ini didominasi wisatawan asing. Pada libur Lebaran ini, wisatawan domestik ada peningkatan,” ujar Suadnyana, Sabtu (13/4). 

Lanjut Suadnyana, untuk high season biasanya terjadi pada Juli hingga September. Guna menunjang layanan, sejumlah fasilitas terus ditambah. Pengelola berupaya untuk meningkatan layanan sehingga dapat mendongrak kunjungan. Selain itu, akomodasi pariwisata seperti restoran juga sudah ada. Intinya penataan dan peningkatan layanan kawasan terus digenjot. “Jadi wisatawan tidak perlu takut berkunjung, karena sudah ada penunjang,” ujar Suadnyana. 

Disisi lain, salah satu pemilik restoran, Putu Rukianto mengatakan pada libur Lebaran terjadi kenaikan kunjungan hampir 70 persen. “Efek libur Lebaran berdampak pada obyek-obyek wisata di Bali. Kunjungan pada naik, terutama domestik. Untuk di Goa Raja peningkatan sekitar 30 persen. Tidak hanya peningkatan wisatawan domestik tetapi wisatawan Eropa,” jelasnya. 

Kata Putu Rukianto, peningkatan kunjungan berdampak positif bagi pelaku usaha pariwisata. Kata dia, untuk di wilayah Jehem saat ini cukup banyak villa. Sehingga pengunjung lebih dekat untuk mencari obyek wisata Goa Raja maupun restoran. “Kami sudah buka dari jam 08.00 hingga 18.00 wita. Kami melayani dinner,” beber Rukianto.esa

Komentar