nusabali

Pelni Denpasar Anjurkan Pemudik Beli Tiket Melalui Aplikasi

  • www.nusabali.com-pelni-denpasar-anjurkan-pemudik-beli-tiket-melalui-aplikasi

DENPASAR, NusaBali - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Denpasar, Bali menganjurkan calon pemudik membeli tiket penumpang melalui aplikasi Pelni Mobile. Melalui aplikasi itu, calon pemudik dapat mengamati ketersediaan tiket termasuk mencermati harga dan pilihan kelas.

“Penumpang saat ini makin dimudahkan dengan aplikasi, sehingga beli tiket bisa online,” kata Kepala Pelni Cabang Denpasar Arfah Yusuf di Denpasar, Bali, Jumat (5/4) seperti dilansir Antara.

Selain melalui aplikasi, pembelian tiket juga dapat dilakukan di kantor cabang Pelni. Namun konsumen tetap diarahkan membelinya melalui aplikasi dengan dipandu petugas.

Untuk keberangkatan pada Selasa (9/4) dijadwalkan dilayani oleh KM Tilongkabila pukul 08.00 Wita dan KM Awu pukul 22.00 Wita. Berdasarkan informasi aplikasi Pelni Mobile yang diakses pada Jumat kemarin sekitar pukul 10.00 Wita, untuk pelayaran KM Tilongkabila dijadwalkan pada Selasa (9/4) tujuan Lembar, NTB untuk kelas Eks Kabin Kelas 1 dan Eks Kabin Kelas 2 sudah habis terjual. 

Namun, untuk kelas ekonomi masih tersisa dengan harga Rp 68 ribu per penumpang dewasa. Selain itu, KM Tilongkabila masih memiliki ketersediaan tiket kelas ekonomi dengan transit terlebih dahulu di Lembar, NTB dengan harga tiket mencapai Rp 223 ribu untuk penumpang dewasa.

Sedangkan tiket keberangkatan menggunakan KM Awu untuk tujuan Bima, NTB sudah seluruhnya habis terjual.

Untuk pelayaran rutin melalui Pelabuhan Benoa, Denpasar, Pelni Denpasar memiliki empat armada kapal yakni KM Tilongkabila, Awu, Leuser dan Binaiya. Masing-masing kapasitas dari kapal tersebut sekitar 1.000 orang penumpang.

Saat ini KM Leuser diperbantukan untuk melayani angkutan Lebaran 2024 untuk wilayah di Jawa-Kalimantan. Sedangkan KM Binaiya sedang dalam sandar untuk perawatan rutin (docking).

Perbantuan kapal tersebut dilakukan mengingat arus mudik dan balik Lebaran di Pelabuhan Benoa tidak sepadat daerah lainnya di Indonesia. Untuk Pelabuhan Benoa, Denpasar, kepadatan penumpang biasanya terjadi saat musim libur Natal dan Tahun Baru yang mayoritas menuju sejumlah kota tujuan di Indonesia Timur.

Sedangkan trayek yang dilayani KM Awu dari Pelabuhan Benoa menuju Bima-Waingapu-Ende-Kupang-Kalabahi (pergi pulang/PP). Untuk rute KM Tilongkabila dari Pelabuhan Benoa menuju Lembar-Bima-Labuan Bajo-Makassar-Bau Bau-Raha-Kendari-Luwuk-Gorontalo-Bitung. 7 ant

Komentar