nusabali

Rio Waida Raih Peringkat Tiga

Tour World Surfing League Rip Curl Pro Bells Beach

  • www.nusabali.com-rio-waida-raih-peringkat-tiga

JAKARTA, NusaBali - Atlet selancar ombak Indonesia asal Bali, Rio Waida berhasil mengukir milestone baru dalam tur dunia Champiohship Tour World Surfing League (WSL).

Ya, Rio meraih peringkat ketiga atau sebagai semifinalis, dalam Rip Curl Pro Bells Beach, di Victoria, Australia, Rabu (3/4).

Pencapaian tersebut diukir Rio setelah tahun lalu resmi bergabung ke dalam Championship Tour, divisi teratas yang menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi, setelah menjadi pemuncak tangga Challenger Series pada 2022.

"Tempat ketiga di Bells Beach... Terima kasih semua untuk dukungannya," ujar Rio Wiada, sambil mengunggah beberapa foto dan video perjalanannya ke semifinal di akun sosial media miliknya, pada Rabu (3/4).

Meski harus terhenti di semifinal, Rio sangat bersyukur dengan pencapaiannya. "Berterimakasih, bersyukur dan merasa diberkahi. Bekerja sangat keras untuk momen seperti hari ini, perlu kedisiplinan, fokus, kesabaran, keyakinan, dan tentunya bersenang-senang," ujar Rio saat mengamankan tempat di semifinal.

Berkat keberhasilannya tembus semifinal, Rio melonjak 10 tempat, menduduki peringkat ke-11 WSL saat ini. Peselancar 24 tahun, yang bulan lalu meraih tiket Olimpiade Paris 2024, itu selanjutnya bersiap untuk Western Australia Margaret River Pro, ajang kelima dalam Championship Tour musim ini.

Perjalanan Rio menuju semifinal Rip Curl Pro Bells Beach tidak mulus. Dia harus melalui babak eliminasi setelah gagal meraih dua poin tertinggi dalam Heat 4, dan bersaing dengan dua peselancar Australia Jack Robinson dan Morgan Ciblic di babak pembuka.

Rio bangkit di babak eliminasi, mencatatkan poin tertinggi kedua di Heat 2 untuk melaju ke Bracket Stage. Di babak 32 besar, peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu unggul dari peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 Italo Ferreira

Keberhasilan itu membuat Rio mengamankan babak 16 besar untuk bersaing dengan peselancar Brasil Caio Ibelli. Rio mendominasi untuk ke perempat final berjumpa peselancar AS Kade Matson. 

Di semifinal, Rio bertemu peselancar AS ‘Colapinto’ Griffin Cole Houshmand, yang jadi pemuncak peringkat WSL saat ini. Dalam perlombaan selama 35 menit, Rio harus puas dengan catatan nilai 14,53, selisih 6,085 poin dari Colapinto. ant

Komentar