nusabali

Pemudik Diingatkan Tinggalkan Rumah dalam Kondisi Aman

  • www.nusabali.com-pemudik-diingatkan-tinggalkan-rumah-dalam-kondisi-aman

DENPASAR, NusaBali - Menyambut hari raya Idul Fitri biasanya para perantau pulang ke kampung untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar. Polisi pun terus mengingatkan kepada pemudik untuk mengecek baik-baik rumahnya sebelum ditinggal mudik.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan dikonfirmasi, pada Rabu (3/4) meminta kepada masyarkat yang pulang kampung agar tidak meninggalkan rumah atau kontrakan dalam kondisi tidak aman. Perhatikan kompor dan listrik agar tidak menjadi pemicu kebakaran. 

Selain itu pemudik juga tidak memberikan kesempatan atau celah bagi pelaku kejahatan untuk beraksi. Misalnya tidak mengunci pintu gerbang apalagi pintu rumah dan pintu kamar. Tidak meninggalkan barang berharga yang memancing pelaku kejahatan. Misalnya sepeda motor diparkir di depan rumah. Demikian juga dalam perjalanan pulang agar tidak memakai benda berharga agar tidak jadi incaran pejambret di jalan.

"Lebih baik lagi kalau titipkan rumah kepada tetangga. Jangan sampai rumah ditinggalkan dalam kondisi tidak diawasi. Titip ke tetangga biar hanya untuk melihat dari luar kalau rumah itu tidak ada orang tak dikenal masuk tanpa izin," harap Kombes Jansen. 

Sampai saat ini kata Kombes Jansen secara keseluruhan keamanan Bali kondusif. Tidak ada kejadian yang mengkhawatirkan. Namun demikian pihaknya tetap meminta masyakarat untuk sama-sama menjaga situasi kondusif dengan baik. "Kemananan di Bali kondusif. Menjaga kemanan adalah tugas kepolisian tetapi membutuhkan dukungan dari masyarkat. Minimal masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dalam hal menjaga keamanan untuk diri sendiri," tuturnya. 7 pol

Komentar