nusabali

STY Fokus Kekompakan Tim

Hubner dan Nathan Terancam di Piala Asia U-23

  • www.nusabali.com-sty-fokus-kekompakan-tim

Para pemain berbeda-beda taktik, setiap tim dan warnanya pun berbeda. Sebenarnya pekerjaan rumahnya itu harus dijadikan satu, jadi kompak. Fokus juga apakah kita mampu jadi satu dalam tim.

JAKARTA, NusaBali 
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengatakan Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On belum pasti memperkuat timnas Indonesia U-23 dalam Piala Asia U-23 2024 Qatar. STY sendiri saat ini terus fokus membangun kekompakan timnya dalam TC di Dubai, UEA.  

Ya, Justin dan Nathan masuk dalam 28 skuad Timnas U-23 dalam pemusatan latihan (TC) persiapan Piala Asia U-23. Namun, STY belum dapat memastikan nasib Justin yang memperkuat Cerezo Osaka di Liga Jepang dan Nathan di SC Heerenveen di Eredivisie Belanda.

"Untuk Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On sampai saat ini belum ada kepastian, jadi harus lihat situasi terlebih dulu," kata STY, di laman resmi PSSI, Rabu (3/4).

STY juga mengungkapkan, pada Kamis (4/4) ini, Ivar Jenner (Jong FC Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Pratama Arhan (Suwon FC) akan bergabung bersama penggawa lainnya di Dubai.

Sedangkan saat ditanya seusai latihan perdana TC di Lapangan Humaidal Tayer Stadium, di kawasan komplek Al Nasr SC, Dubai, Selasa (2/4/) dinihari WITA, STY mengatakan dirinya fokus memperkuat kekompakan tim dalam sesi latihan dan laga ujicoba nanti.

"Para pemain berbeda-beda taktik, setiap tim dan warnanya pun berbeda. Sebenarnya pekerjaan rumahnya itu harus dijadikan satu, menjadi kompak. Fokus juga di situ apakah kita ini mampu jadi satu dalam tim," ujar STY.

Tim U-23 tiba di Dubai pada Selasa (2/4) dini hari dan sudah menjalani latihan pada petang harinya. STY mengatakan latihan perdana berlangsung lancar dan kondisi pemain baik-baik saja, serta didukung cuaca yang baik pula. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, fokus untuk dua laga ujicoba dan laga perdana melawan Qatar pada Piala Asia.

Timnas U-23 menjalani TC di Dubai hingga 10 April sebelum mengikuti Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 15 April-3 Mei 2024. Indonesia di grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Laga perdana Indonesia melawan Qatar pada 15 April, lalu Australia pada 18 April dan Yordania pada 21 April.

Bagaimana peluang Timnas U-23? Sejujurnya sangat berat. Sebab, tim Garuda Muda itu di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania. Di atas kertas, kelas tiga kesebelasan itu di atas Timnas U-23. Namun, target tinggi dibebankan ke armada Shin Tae-yong ini. 

Ketua PSSI, Erick Thohir, berulang kali menyinggung Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Untuk lolos ke Olimpiade 2024, Timnas Indonesia U-23 harus menjadi juara, runner-up, atau tim peringkat ketiga terbaik di Piala Asia U-23.

Selain itu, Timnas U-23 bisa memanfaatkan jalur tim peringkat keempat Piala Asia U-23 untuk berduel dengan tim peringkat keempat Piala Afrika U-23 2024, Timnas Guinea, dalam play-off ke Olimpiade 2024.

"Bukan tidak mungkin kalau kita fight menembus Olimpiade Paris. Ada mimpi lebih besar lagi," kata Erick Thohir.

Untuk lolos delapan besar Piala Asia U-23, Timnas U-23 setidaknya butuh empat poin, hasil dari satu kemenangan, sekali seri, dan satu kekalahan. Lawan paling memungkinkan dikalahkan Timnas U-23 adalah Yordania. Dengan Australia, Garuda Muda bisa mengincar hasil seri.  Lalu kontra Qatar berharap dinaungi dewi fortuna. 

"Saya bukan Tuhan tapi pastinya saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat hasil bagus. Sekarang sepakbola Indonesia mulai maju tapi perjalanan masih jauh. Jadi saya tidak bisa tentukan target kami apa. Saya juga tidak bisa pastikan bisa sampai ke babak apa," kata Shin Tae-yong, soal peluang Timnas U-23 di Piala Asia U-23. 

Garuda Muda TC di Dubai hingga 10 April sebelum berlaga di Piala Asia U-23 pada 15 April hingga 3 Mei. Di Dubai, Indonesia juga akan menjalani dua laga ujicoba tertutup melawan Arab Saudi pada 5 April dan Uni Emirat Arab pada 8 April. ant *

Komentar