nusabali

Bangun Lemah Kawan Rintis Wisata Air Terjun Tibuwana

  • www.nusabali.com-bangun-lemah-kawan-rintis-wisata-air-terjun-tibuwana

Banjar/Desa Pakraman Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, merintis wisata tirta berupa Air Terjun Tibuwana di Tukad Tibuwana. 

BANGLI, NusaBali
Untuk mewujudkan rencana tersebut, akses jalan ke lokasi air terjun sedang diperbaiki.
Air Terjun Tibuwana sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Namun karena akses ke lokasi tersebut tidak mudah, mengakibatkan potensi wisata itu kurang dikenal.

I Made Sudarma, warga Bangun Lemah Kawan, menuturkan, objek wisata Air Terjun Tibuwana mulai didatangi wisatawan sekitar enam bulan lalu. Hal itu setelah mulai dilakukan penataan jalan setapak ke lokasi. “Belakangan kian ramai, terutama pada hari libur,” kata Sudarma, Rabu (6/1).

Hal senada disampaikan I Nyoman Bagiana, warga setempat. Selain air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter, di sekitar Air Terjun Tibuwana juga ada pancuran suci tempat pesucian Ida Bethara–Bethari pada saat pujawali di pura-pura sekitar Bangun Lemah Kawan dan Bangun Lemah Kangin, Apuan, dan sekitarnya. Pancuran suci tersebut juga tempat malukat. “Banyak warga luar di antanya dari Pecatu (Badung), dan tempat lain datang malukat,” ucap Bagiana.

Bendesa Pakraman Bangun Lemah Kawan I Wayan Miarta mengiyakan rintisan wisata Air Terjun Tibuwana. Miarta menuturkan, sudah ada biro perjalanan wisata yang mengaku tertarik untuk mengajak tamunya menikmati keindahan alam dan pemandangan di kawasan Air Terjun Tibuwana. “Rencana kami akan siapkan selendang. Karena di sana juga ada Pura Dalem dengan arsitektur dan ukiran kuno,” tambah Miarta yang kemarin didampingi I Wayan Cerita, Perbekel Desa Apuan yang mewilayahi Bangun Lemah Kawan dan  Bangun Lemah Kangin.

Selain Air Terjun Tibuwana, di lembah Tibuwana juga ada goa alam yang konon pada zaman perang kemerdekaan menjadi tempat perlindungan para pejuang kemerdekaan dari kejaran musuh. “Karenannya disebut goa penyingkiran,” tambah Miarta.  Karena baru rintisan, wisatawan maupun pengunjung yang datang ke Air Terjun Tibuwana tidak dikenai pungutan. “Sementara hanya dikenai dana punia sesuai kerelaan pengunjung,” kata Miarta.  

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Tibuwana, mulai dari jalan raya Bangun Lemah- Apuan ke kanan, menuju Pura Dalem Agung Desa Pakraman Bangun Lemah Kawan dan Desa Pakraman Bangun Lemah Kangin. Dari jaba pura menyusuri jalanan dan anak tangga, turun hingga tiba di Tukad Tibuwana. Air Terjun Tibuwana terletak agak tersembunyi di tengah sungai, setelah menyusuri bebatuan di dalam sungai. “Sering orang memotret di sini,” kata Bagiana, warga setempat. 7 k17 

Komentar