nusabali

Adi Arnawa Hadiri Piodalan di Pura Kahyangan Jagat Luhur Ulun Swi Desa Adat Seseh

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-hadiri-piodalan-di-pura-kahyangan-jagat-luhur-ulun-swi-desa-adat-seseh

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri Upacara Piodalan Pura Kahyangan Jagat Luhur Ulun Swi Desa Adat Seseh, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi pada Anggara Kasih Medangsia, Selasa (19/3). Kegiatan karya ini merupakan Pujawali Jelih, yang ditambah dengan upacara Pewinten Juru Sungi dan Juru Songsong Petapakan.

Piodalan ini dipuput Ida Pedanda Griya Gede Sideman Pemaron Munggu dan Mangku setempat. Secara pribadi Adi Arnawa memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta yang diterima Bendesa Adat Seseh I Wayan Bawa dan disaksikan langsung seluruh Pengempon Pura.

Seusai melakukan persembahyangan bersama, Adi Arnawa merasa bersyukur dan bangga bisa hadir dalam acara piodalan tersebut. Dikatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud sembah bakti krama kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang selama ini sudah dianugerahi kesehatan  dan kerahayuan.

“Bagaimanapun juga kita sebagai umat Hindu yang taat kepada ajaran Tri Hita Karana harus melakukan Yadnya, salah satunya Yadnya seperti ini yaitu hubungan harmonis dengan Tuhan. Mudahan-mudahan dengan kegiatan Yadnya hari ini (kemarin) kita selalu diberikan kesehatan, kesejahteraan dan keseimbangan alam semesta beserta isinya,” ujar Adi Arnawa.

Birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini menambahkan bahwa wilayah Desa Adat Seseh merupakan daerah pariwisata yang sedang berkembang. Dirinya berharap ke depannya agar bisa selalu menjaga adat istiadat dan budaya Bali.

Sementara itu Bendesa Adat Seseh I Wayan Bawa menyampaikan terima kasih kepada Adi Arnawa yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan menyaksikan Upacara Piodalan Pura Kahyangan Jagat Luhur Ulun Swi serta turut mendoakan. “Matur suksma kami sampaikan kepada Bapak Sekda, di tengah kesibukannya sudah menyempatkan diri untuk hadir pada kegiatan Piodalan di Pura Kahyangan Jagat Luhur Ulun Swi Desa Adat Seseh. Kegiatan karya ini merupakan Pujawali Jelih, hanya saja ditambah dengan upacara Pewinten Juru Sungi dan Juru Songsong Petapakan,” jelasnya. @ ind

Komentar