nusabali

Desa Muncan Gelar Labuh Gentuh

  • www.nusabali.com-desa-muncan-gelar-labuh-gentuh

AMLAPURA, NusaBali - Desa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem menggelar upacara Labuh Gentuh, di Catus Pata Desa Adat Muncan, Banjar Gede, Tilem Kasanga, Redite Umanis, Langkir, Minggu (10/3).

Upacara yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dipuput Ida Pedanda Gede Nyoman Talikub, dari Geria Kaolu Biau, Banjar Geria, Desa Adat Muncan, Ida Pedanda Nur Penyembahan dari Geria Penyebahan, Gianyar dan Ida Pedanda Gede Padang Rata dari Geria Gede, Banjar Geria, Desa Adat Muncan.

Rangkaian prosesi upacara dikoordinasikan Bendesa Adat Muncan Jro Gede Suwena Putus Upadesa, bersama segenap pamangku pangayah. Sebagai Yajamana Ida Pedanda Gede Nyoman Talikub dan Wiku Tapini Ida Pedanda Istri Ngurah Kemenuh dari Geria Kaolu Biau, Banjar Geria dan Ida Pedanda Istri Adi dari Geria Kulon, Banjar Gunung Biau, Desa Adat Muncan,

Upacara labuh gentuh dengan lantaran kebo buda cemeng, kambing dan asu bangbungkem. "Ini upacara setiap 10 tahun sekali, bertujuan untuk menyomiakan Bhuta Kala, agar kehidupan umat sedharma se-Desa Adat Muncan, tentram dan rahayu, yang mewilayahi 13 banjar adat," jelas Putus Upadesa.

Katanya, upacara ini juga untuk mengharmoniskan alam dan memohon keselamatan agar tidak terjadi bencana di laut dan di darat. Sehingga mengharmoniskan hubungan antara manusia dengan alam tetap terjaga, yang merupakan  bagian dari konsep Tri Hita Karana. Melalui upacara itu mempersembahkan seluruh intisari isi alam, dengan harapan di kemudian hari kembali diberkati kesuburan.

Di bagian lain, Upacara Tawur Kasanga di perempatan Desa Adat Subagan, Kecamatan Karangasem dipuput Ida Pedanda Istri Rai dari Geria Suci, Banjar Geria, Desa Adat Muncan, persembahyangan dikoordinasikan Ketua Panitia Ida Mangku Ketut Putra.

Sedangkan upacara Tawur Kasanga di Lapangan Taman Budaya Candra Bhauna dilaksanakan Pemkab Karangasem dipuput sulinggih, yakni Ida Pedanda Putu Cau dari Geria Cau, Kelurahan/Kecamatan Karangasem.  Ida Pedanda Gede Sidemen dari Geria Taman Asri, Banjar Triwangsa Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, dan Wiku Tapini Ida Pedanda Istri Keniten, dari Geria Keniten, Kelurahan Karangasem.

Hadir, Bupati Karangasem I Gede Dana bersama pimpinan OPD. Bupati Dana mengatakan tawur Kasanga, untuk menyomiakan unsur bhuta kala, agar kehidupan umat sedharma rahayu. "Di samping merupakan wujud ungkapan rasa syukur," jelas Bupati I Gede Dana.7k16

Komentar