nusabali

Pelabuhan Ketapang Tutup Pukul 01.00 Wita

  • www.nusabali.com-pelabuhan-ketapang-tutup-pukul-0100-wita

Begitu tepat pukul 06.00 Wita, layanan di Gilimanuk sudah ditutup dan sudah tidak ada petugas ataupun kapal di Gilimanuk.

NEGARA, NusaBali
Serangakaian perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 yang jatuh pada Senin (11/3), penyeberangan lintas Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk di Selat Bali akan kembali ditutup. Penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang akan ditutup per Senin pukul 00.00 WIB atau pukul 01.00 Wita. Sedangkan penyebrangan dari Pelabuhan Gilimanuk ditutup per Senin pukul 06.00 Wita.

Jadwal itu telah diputuskan melalui surat Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali Nomor AP.106/1/7/BPTD-II-BALI/2024 tentang Penutupan Sementara Pelabuhan Penyeberangan Pada Hari Raya Nyepi Tahun 2024. Dalam surat tertanggal 7 Maret 2024 itu, juga mengatur terkait jadwal pengoperasian kembali penyeberangan setelah Nyepi. 

General Manager ASDP Cabang Ketapang Syamsudin, Kamis (7/3), mengaku sudah menerima surat tersebut. Pihaknya juga sudah langsung menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama sejumlah stakeholder untuk membahas persiapan penutupan sementara penyeberangan saat Nyepi nanti. "Kami mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan," ujar Syamsudin. 

Secara teknis, Syamsudin mengaku, pelaksanaan Nyepi di Bali dimulai per pukul 06.00 Wita. Layanan penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang atau dari Jawa menuju Pelabuhan Gilimanuk akan dihentikan per pukul 01.00 Wita atau ditutup dengan selang waktu 5 jam sebelum mulai Nyepi. Sedangkan untuk layanan dari Pelabuhan Gilimanuk akan ditutup total per pukul 06.00 Wita. 

"Sebelum mulai Nyepi, kapal-kapal akan fokus melayani yang akan menyeberang dari Gilimanuk ke Ketapang. Namun kami harap yang akan menyeberang ke Ketapang sudah habis sebelum mulai Nyepi. Karena begitu tepat pukul 06.00 Wita, layanan di Gilimanuk sudah ditutup dan sudah tidak ada petugas ataupun kapal di Gilimanuk," ujarnya.

Sementara untuk pengoperasian kembali penyeberangan setelah Nyepi, kata Syamsudin, akan dimulai dari Pelabuhan Ketapang. Seusai jadwal, kapal pertama dari Pelabuhan Ketapang akan diberangkatkan menuju Pelabuhan Gilimanuk pada Selasa (12/3) per pukul 05.00 WIB atau pukul 06.00 Wita. "Nanti setelah kapal dari Ketapang sudah sandar di Gilimanuk, layanan dari Gilimanuk menuju Ketapang sudah kembali beroperasi," ucap Syamsudin.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto mengimbau agar masyarakat betul-betul memperhatikan terkait pelayanan terakhir di lintas penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang saat Nyepi nanti. Dirinya pun meminta masyarakat yang hendak menyeberang dari Gilimanuk ke Ketapang untuk mengatur waktu keberangkatan dengan baik sehingga tidak ketinggalan kapal dan terjebak Nyepi di Gilimanuk. 

"Kami imbau agar sudah datang ke pelabuhan sebelum penutupan. Mengingat banyak rangkaian yang akan dilaksanakan semeton umat Hindu. Seperti ada melasti, Hari Raya Kuningan, kemudian pangrupukan yang akan dilaksanakan sehari sebelum Nyepi," ucap AKBP Endang. 7ode

Komentar