nusabali

Pastikan Daging Layak, Disperpa Periksa Pemotongan Babi

  • www.nusabali.com-pastikan-daging-layak-disperpa-periksa-pemotongan-babi

MANGUPURA, NusaBali.com - Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kabupaten Badung telah melakukan pemeriksaan kesehatan 1.531 ekor babi yang dipotong untuk keperluan Hari Raya Galungan. Kadisperpa Badung, I Wayan Wijana memastikan, babi yang dipotong dalam keadaan sehat.

Dari hasil pemeriksaan sebelum dan sesudah babi pemotongan babi, ini dipastikan daging babi layak dikonsumsi oleh masyarakat. Terutama dalam perayaan Hari Raya Galungan yang yang umumnya menggunakan daging babi. “Pemeriksaan ini dilakukan ante mortem dan post mortem (sebelum dan sesudah pemotongan babi),” ujar Wijana, Senin (26/2/2024).

Menurutnya, pemeriksaan ini meliputi kondisi fisik babi sebelum dipotong. Kemudian pemeriksaan organ dalam seperti hati, limpa, dan jantung. Kemudian pemerimsaan juga dilakukan pada saluran pencernaan, seperti usus dan lambung. 

“Secara umum hasil pemeriksaan ante mortem babi dalam keadaan sehat. Begitu pula hasil pemeriksaan post mortem, daging babi dinyatakan layak untuk dikonsumsi,” tegasnya.

Mantan Kabag Organisasi Setda Badung ini menambahkan, dalam pemeriksaan ini melibatkan 62 orang dokter hewan dengan dibantu 100 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Pemeriksaan ini menyasar ternak babi di seluruh desa/kelurahan yang ada di Badung. Terutama yang akan dipotong untuk perayaan Hari Raya Galungan. “Kami menyasar seluruh desa/kelurahan, Galungan lalu sekitar 1.744 ekor babi yang dipotong,” ungkapnya.

Pihaknya pun berharap masyarakat dapat mengolah daging babi dengan baik dan benar. “Kami harapkan masyarakat tetap memperhatikan kebersihan dan mengolah daging dengan cara dimasak dengan benar,” pesannya. @ind

Komentar