nusabali

RI Bakal Punya Mobil Terbang

Jakarta ke Bandara Soetta Cuma 8 Menit

  • www.nusabali.com-ri-bakal-punya-mobil-terbang

JAKARTA, NusaBali - Indonesia bakal memiliki mobil terbang buatan sendiri. PT Dirgantara Indonesia bekerja sama dengan perusahaan swasta Vela Aero untuk membuat produk mobil terbang yang diberi nama Vela Alpha. Nantinya, mobil terbang ini bisa menyingkat waktu tempuh sangat banyak, diklaim dari pusat Jakarta ke Bandara Soekarno Hatta cuma butuh waktu 8 menit.

Produk ini jadi sorotan usai kemunculan prototipenya di Singapore Airshow 2024 di Changi, Singapura. Produk tersebut mendapatkan apresiasi langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang kala itu berkunjung.

Vela Alpha bentuknya mirip drone besar dengan satu pilot dan empat penumpang. Armada ini disebut Budi Karya sebagai mobil terbang, katanya Vela Alpha cocok jadi taksi udara yang beroperasi di kota besar.

"Ini adalah salah satu helikopter yang sedang diinisiasi yang nanti tahun 2028 sudah komersial, kita dukung," kata Budi Karya dalam unggahannya di Instagram, @budikaryas, dikutip detikcom, Minggu (25/2).

Vela Alpha bentuknya mirip drone besar dengan satu pilot dan empat penumpang. Armada ini disebut Budi Karya sebagai mobil terbang, katanya Vela Alpha cocok jadi taksi udara yang beroperasi di kota besar.

Melansir keterangan resmi Vela Aero di website resmi dan chanel YouTube, produk mobil terbang ini dirancang sebagai armada vertical take off landing (VTOL). Vela Alpha bisa beroperasi elektrik secara penuh karena memiliki delapan pak baterai. Operasinya juga bisa dilakukan hibrida dengan mesin berbahan bakar minyak.

Bila operasi dilakukan elektrik secara penuh Vela Alpha bisa menjangkau 100 km, dengan mesin hibrida bisa mencapai 500 km.

Mobil terbang ini bentuknya mirip seperti helikopter, namun baling-balingnya ada 8 tersebar di sepanjang sayapnya. Vela Alpha juga dilengkapi satu mesin propeler untuk menjelajah di udara.

Vela Alpha juga memiliki satu kabin penumpang yang dilengkapi dengan empat bangku yang cukup nyaman. Kemudinya sendiri cukup untuk satu orang.

Vela Alpha juga digadang-gadang bisa menyingkat waktu tempuh secara signifikan. Sebagai gambaran, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang ke pusat bisnis SCBD di Jakarta, bisa ditempuh dengan waktu cuma 8 menit.

Mobil terbang Vela Alpha dapat melaju lebih cepat daripada naik mobil yang butuh waktu 60 menit atau lebih sudah dengan kemacetannya. Jauh lebih cepat juga dibandingkan dengan naik kereta dengan waktu tempuh 40 menit.

Saat ini, PT Dirgantara Indonesia sedang mengajukan uji laik terbang kepada Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan untuk produk mobil terbang ini agar bisa operasi komersial. 7

Komentar