nusabali

PPK Kutsel Optimistis Rekapitulasi Suara Selesai Sesuai Target

  • www.nusabali.com-ppk-kutsel-optimistis-rekapitulasi-suara-selesai-sesuai-target

MANGUPURA, NusaBali - Pleno rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan Kuta Selatan kembali berjalan normal setelah sempat terhenti sementara. Hingga saat ini sebagian besar Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kelurahan atau desa di Kuta Selatan sudah menyelesaikan proses rekapitulasi. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Kuta Selatan pun optimistis penyelesaian rekapitulasi sesuai target.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kuta Selatan I Wayan Suparta, proses rekapitulasi telah dimulai setelah Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) selesai maintenance. Proses pengecekan dan penyeimbangan data rekapitulasi pun sudah berjalan lancar.

Dijelaskannya, desa-desa yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi antara lain Desa Ungasan dengan 43 TPS, Desa Pecatu dengan 24 TPS, Kelurahan Tanjung Benoa dengan 16 TPS, dan Desa Kutuh dengan 15 TPS. “Proses rekapitulasi di Kelurahan Benoa selesai pada Sabtu (17/2), hanya dalam satu hari karena dibagi menjadi dua tempat, sementara Desa Kutuh memerlukan waktu dua hari hingga Minggu (18/2) untuk menyelesaikannya. Kemudian disusul oleh Desa Ungasan dan Pecatu sudah selesai juga,” kata Suparta, Kamis (22/2) sore.

Suparta mengungkapkan, kusus pada Kamis kemarin proses rekapitulasi dimulai pukul 13.30 Wita, karena merupakan Hari Sugihan Jawa atau bagian dari rangkaian perayaan Hari Raya Galungan. Sebelumnya pada Rabu, pihaknya telah menyepakati untuk menyediakan waktu agar melakukan persembahyangan di pagi hari. “Untuk mempercepat proses, terdapat tiga panel atau tempat, di mana Kelurahan Jimbaran memiliki satu tempat, sementara Kelurahan Benoa dibagi menjadi dua panel,” ungkapnya.

Penambahan panel ini, lanjut Suparta, merupakan bagian dari perencanaan awal untuk mempercepat proses, bukan karena masalah dengan Sirekap. Dengan dimulainya proses pukul 13.30 Wita, targetnya adalah setiap panel dapat menyelesaikan 15 TPS.

Suparta berharap proses rekapitulasi dapat terus berjalan lancar, sehingga target penyelesaikan sebelum 25 Februari 2024 dapat tercapai. Dia optimistis target waktu tersebut dapat terpenuhi, bahkan memperkirakan pleno dapat selesai pada 24 Februari 2024, kemudian dilanjutkan dengan pleno di tingkat kecamatan pada 25 Februari 2024. “Kami optimis karena di PPK sudah kami siapkan 4 orang operator untuk di Sirekap,” katanya. 7 ol3

Komentar