nusabali

Jelang Hari Raya, Puluhan KK Miskin Dibantu Paket Sembako

  • www.nusabali.com-jelang-hari-raya-puluhan-kk-miskin-dibantu-paket-sembako

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 71 KK miskin di 3 Kecamatan dibantu paket sembako, Rabu (21/2) kemarin. Bantuan ini diberikan oleh salah satu perusahaan swasta di Buleleng menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk dapat meringankan beban dan merayakan suka cita hari raya bersama.

Sebanyak 26 paket sembako menyasar KK miskin di Kecamatan Sukasada, 15 paket sembako untuk Kecamatan Gerokgak dan 30 paket untuk KK miskin di Kecamatan Seririt. Selain bantuan paket sembako program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Maha Surya Motor akan membantu satu unit bedah rumah. Bantuan tersebut akan diterima oleh I Gusti Ketut Oka warga Banjar Dinas Kayuputih Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.
 
Kepala Dinas Sosial Buleleng, I Putu Kariaman Putra, Rabu (21/2) kemarin mengatakan, pola kolaborasi pemerintah dengan swasta untuk menangani kemiskinan di Buleleng sudah berlangsung lama. Sebab angka kemiskinan di Buleleng masih tinggi. Data Badan Pusat Statistik (BPS) 41.680 jiwa, akan menjadi beban berat pemerintah jika tidak didukung seluruh elemen masyarakat.
 
Sedangkan jumlah masyarakat Buleleng yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 68.292 KK atau 209.450 jiwa. Mereka sebagian besar sudah mendapatkan berbagai program bantuan dari pemerintah. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN) KIS yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten. 
 
Hanya saja dari berbagai jenis bantuan itu, masih tersisa 32.930 jiwa masyarakat DTKS yang belum menerima bantuan. “Nah yang belum dapat program bantuan ini yang kami prioritaskan mendapatkan bantuan dari swasta seperti saat ini,” terang Kariaman didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Nyoman Mariani Febrianti.7 k23

Komentar