nusabali

Gedung SMPN 6 Gerokgak Dibangun Tahun Ini

  • www.nusabali.com-gedung-smpn-6-gerokgak-dibangun-tahun-ini

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng memastikan sekolah baru SMPN 6 Gerokgak akan memiliki gedung baru tahun ini. Hanya saja pembangunan gedung akan dilakukan bertahap. Tahap awal akan dibangunkan 4 Ruang Kelas Baru (RKB), perpustakaan, dan toilet.

Seluruh pembangunan gedung sekolah itu disiapkan anggaran Rp 2,1 miliar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Pendidikan. “Tempatnya ada di lahan Pemprov di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, dekat dengan SMKN 1 Gerokgak, kami masih menunggu titik pastinya tetapi anggarannya sudah siap tahun ini,” ucap Sekretaris Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata ditemui di ruang kerjanya Selasa (20/2) kemarin. 

Menurutnya, pembangunan gedung SMPN 6 Gerokgak ini menjadi prioritas. Sebab sudah menerima 4 kelas siswa kelas VII pada tahun ajaran 2023-2024 lalu. Sekolah baru ini diputuskan dibangun menjawab persoalan daya tampung SMPN 2 Gerokgak yang sangat padat. Selama ini guru dan siswa masih meminjam gedung di SDN 3 Banyupoh.

“Tahun ini belum bisa menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus) Fisik, karena dapodiknya baru teregistrasi setelah beroperasi. Sehingga difasilitasi lewat DAU pendidikan dulu. Tahun depan baru akan diusulkan penambahan ruang kelas, laboratorium dan gedung lainnya secara bertahap,” imbuh Surya Bharata.

Seluruh proses pembangunan sudah dimulai dengan tender proyek yang dimulai Mei-Juni mendatang. Sehingga di pertengahan tahun sudah bisa dikerjakan seluruh pekerjaan tersebut. Seluruh proyek pembangunan gedung baru ini diharapkan tuntas selama 120 hari kalender. Artinya di akhir tahun sudah tuntas dan awal tahun 2025 sudah bisa ditempati. 7 k23

Komentar