nusabali

Gerindra Klaim Rebut 10 Kursi DPRD Denpasar

NasDem Kehilangan 2 Kursi, Widiada dan Yogi Terancam Terlempar

  • www.nusabali.com-gerindra-klaim-rebut-10-kursi-dprd-denpasar

DENPASAR, NusaBali - DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Denpasar mengklaim merebut 10 kursi DPRD Denpasar pada Pemilu 2024. Sementara Partai NasDem kehilangan 2 kursi dari 3 kursi dewan yang pernah direbut di Pileg 2019. Dengan demikian dua incumbent dari NasDem, yakni Anak Agung Ngurah Gde Widiada di Dapil Denpasar Utara dan I Made Yogi Arya Putra di Dapil Denpasar Selatan diprediksi terlempar.

Selain mengklaim merebut 10 kursi, Gerindra juga mengklaim mewujudkan 2 kursi DPRD Bali di Dapil Denpasar pada pesta demokrasi kali ini. Pada Pemilu 2019, Gerindra merebut 4 kursi DPRD Denpasar. Sementara untuk kursi DPRD Bali, Gerindra justru kehilangan 1 kursi. 

Ketua DPC Gerindra Denpasar, Ida Bagus Yoga Adiputra alias Gus Yoga, di Denpasar, Senin (19/2) mengatakan, perolehan 10 kursi DPRD Denpasar dari Gerindra diprediksi berasal dari Denpasar Barat I sebanyak 2 kursi, Denpasar Barat II sebanyak 2 kursi, Denpasar III (Denpasar Utara) sebanyak 2 kursi, Denpasar IV (Denpasar Timur) sebanyak 2 kursi dan Denpasar V (Denpasar Selatan) sebanyak 3 kursi. “Denpasar Timur sebelumnya kosong kita prediksi dapat 1 kursi,” ujar Gus Yoga.  

Gus Yoga juga mengklaim, Gerindra bisa mewujudkan 2 kursi DPRD Bali di Dapil Denpasar. Hanya saja, Gus Yoga belum berani membeberkan siapa saja dan berapa prediksi perolehan suara caleg yang lolos ke DPRD Denpasar dan DPRD Bali.  “Untuk kepastiannya nanti setelah pleno ya. Ini belum final jadi kami harus memastikan suara sah dari pleno KPU,” ujar Gus Yoga.

Sementara, Partai NasDem Kota Denpasar kemungkinan tidak bisa mempertahankan 3 kursi dewan yang diraih pada Pemilu 2019 silam. Saat ini, NasDem diprediksi hanya meloloskan caleg incumbent atas nama I Wayan Gatra  di Dapil Denpasar Timur dengan perolehan 1.823 suara. 

Gatra mengatakan, NasDem bisa bertahan dengan perolehan 1 kursi di Denpasar Timur karena suara caleg yang signifikan mencapai total 4.068 suara. Sedangkan perolehan suara partai hanya 279 suara. 

Perolehan suara Gatra di Denpasar Timur mencapai 1.823 alias hanya selisih 60 suara dengan caleg NasDem atas nama Ida Bagus Bima Putra alias Gus Bima yang memperoleh 1.763 suara.

Menurut Gatra, NasDem Denpasar kemungkinan tidak bisa mempertahankan 3 kursi dewan untuk Pemilu kali ini. Kata dia, incumbent Anak Agung Ngurah Gede Widiada di Denpasar Selatan dan  I Made Yogi Arya Putra di Denpasar Selatan diprediksi tidak lolos. “Kita tunggu sampai pleno KPU selesai,” ujar mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar ini.

Sementara Gung Widiada belum bisa dikonfirmasi terkait dengan hasil rekapitulasi suara yang membuat kursinya terancam. Saat dihubungi melalui ponselnya tidak direspon.mis

Komentar