nusabali

F1 Ubah Format Sprint untuk Musim 2024

  • www.nusabali.com-f1-ubah-format-sprint-untuk-musim-2024

JAKARTA, NusaBali - Badan penyelenggara Formula 1, FIA, mengatakan resmi mengubah format balap Sprint untuk musim 2024. Dikutip dari laporan AFP, Selasa, perubahan resmi dimulai dari balap Sprint pertama yang akan berlangsung di Bahrain akhir bulan ini.

Perubahan mencakup pengaturan ulang sesi-sesi selama balap Sprint, termasuk di dalamnya adalah latihan bebas dan kualifikasi yang akan dilangsungkan pada hari Jumat, dan balapan Sprint serta kualifikasi balapan utama akan berlangsung pada Sabtu.

Seperti tahun lalu, enam balapan sprint akan berlangsung musim ini, yaitu di Grand Prix China, Grand Prix Miami, Grand Prix Austria, Grand Prix Austin, Grand Prix Brasil, dan Grand Prix Qatar.

Di luar Sprint, terdapat pula proposal yang sudah disepakati untuk meningkatkan alokasi unit tenaga (power unit) menjadi empat per pembalap untuk musim 2024 dan 2025. Selain itu, aktivasi DRS untuk balapan akan diperkirakan satu lap dibandingkan dua lap setelah dimulainya balapan, atau start ulang setelah Safety Car.

Penyempurnaan peraturan untuk perubahan ini akan disampaikan kepada Dewan Olahraga Motor/Motor Sport Dunia (WMSC) pada 28 Februari. Sementara itu, sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 sendiri akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret. 7 ant

Komentar