nusabali

HMI Cabang Denpasar Fokus Cetak Kader Berjiwa Wirausaha

  • www.nusabali.com-hmi-cabang-denpasar-fokus-cetak-kader-berjiwa-wirausaha

DENPASAR, NusaBali.com - Di usianya yang ke-77 tahun, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) siap bertransformasi. Kali ini, organisasi intelektual bernafaskan Islam ini fokus mencetak kader yang cakap di dunia wirausaha atau enterpreneur.

Transformasi ini menjadi program bagi HMI Cabang Denpasar yang saat ini menghimpun sekitar 100 mahasiswa.

Zidni Ferdinand Yusuf, Ketua Umum HMI Cabang Denpasar, mengungkapkan bahwa transformasi ini didasari oleh masukkan dari alumni dan para senior HMI. Minimnya alumni HMI yang bergerak di bidang enterpreneur menjadi salah satu alasan utamanya.

"Kami ingin ada warna baru di tubuh HMI, bahwa ke depannya jebolan HMI dapat menjadi seorang enterpreneur yang sukses," kata Zidni, Senin (5/2/2024).

Transformasi ini akan diwujudkan melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti workshop dan diskusi bersama, bertemakan ekonomi milenial dan ekonomi kreatif.

"Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan kewirausahaan secara luas dan detail kepada para kader," jelas mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana ini.

Zidni berharap, gebrakan ini dapat berdampak luas bagi masyarakat, khususnya di Kota Denpasar.

"Di usia ke-77 tahun ini, HMI ingin terjun lebih jauh dalam konteks kebutuhan zaman sekarang, salah satunya adalah dalam bidang kewirausahaan," tegas mahasiswa berusia 23 tahun ini.

HMI sendiri  merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang sudah cukup tua dan berpengalaman. Pada awalnya, HMI dibentuk atas inisiatif Lafran Pane dan 14 mahasiswa lainnya dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta.

HMI lahir sebagai bagian dari upaya pemisahan diri dengan Perserikatan Mahasiswa Yogyakarta (PMY). Pemisahan diri dengan PMY, dilakukan untuk menciptakan sebuah organisasi mahasiswa yang lebih bertujuan mendidik insan intelektual, dengan tetap mengedepankan nilai keagamaan.

Sejak didirikan pada tanggal 5 Februari 1947, organisasi intelektual bernafaskan Islam ini, mampu mencetak banyak figur terbaik bangsa. Kita bisa menyebut beberapa tokoh bangsa yang lahir dari rahim HMI, antara lain Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden RI), Taufik Ismail (budayawan), Mahfud MD (cawapres RI), hingga Yusril Ihza Mahendra (advokat dan politisi).

Dari deretan tokoh-tokoh bangsa yang disebutkan di atas, tidak dapat disangkal bahwa organisasi ini, sudah memberikan kontribusi yang besar pada peradaban bangsa. *ol4

Komentar