nusabali

Comeback Iran Pulangkan Jepang

Singkirkan Australia, Korsel Hadapi Yordania

  • www.nusabali.com-comeback-iran-pulangkan-jepang

DOHA, NusaBali - Iran melaju ke semifinal Piala Asia 2023 lewat kemenangan dramatis atas Jepang 2-1. Gol penentu kemenangan Iran terjadi lewat penalti pada menit akhir dalam laga perempatfinal, di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (3/2) malam WIB.

Jepang unggul lebih dulu lewat gol Hidemasa Morita di menit ke-28. 

Namun babak kedua baru berjalan 10 menit, Mohammad Mohebi sanggup menyamakan kedudukan 1-1. Iran sukses mengunci tiket ke semifinal lewat gol penalti Alireza Jahanbakhsh di menit akhir.

Jepang langsung mendominasi begitu peluit kick off dibunyikan. Iran kesulitan keluar dari tekanan, mau tak mau andalkan serangan balik.

Jepang mencetak gol pertama di menit ke-28, lewat Hidemasa Morita.

Morita menusuk ke kotak penalti dengan melewati tiga hadangan lawan, tembakannya masih dapat ditepis kiper Beiranvand tapi si kulit bundar yang melambung masuk ke dalam gawang Iran.

Iran lebih menekan di babak kedua, tapi Jepang masih tetap fokus menguasai bola. Iran akhirnya membuat gol penyeimbang di menit ke-55 lewat Mohammad Mohebi. High pressing Iran berbuah manis, saat Azmoun menguasai bola di depan kotak penalti, lalu melepas umpan ke Mohebi, yang sontekannya menggetarkan gawang Jepang.

Iran sempat menambah gol di menit ke-65 lewat Azmoun. Namun dianulir wasit karena pemain AS Roma itu dalam posisi offside.

Pada menit ke-90+3 Iran mendapat hadiah penalti usai Kanaanizadegan dijatuhkan Itakura dari belakang di depan gawang saat menyambar bola liar. Wasit mengecek VAR dan lalu menunjuk titik putih. Alireza Jahanbakhsh sukses jadi algojo. Gol pun tercatat di menit ke-90+6.

Sebelumnya, pada laga yang berakhir Sabtu (3/2) dinihari Wita, Korea Selatan membutuhkan perpanjangan waktu untuk mengalahkan Australia 2-1, di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Sabtu (3/12) dinihari WITA.  Berkat kemenangan itu Korsel melaju ke semifinal Piala Asia 2023.

Di semifinal, Korsel akan menghadapi Yordania pada Selasa (6/2) malam WITA. Yordania sendiri mengamankan tiket semifinal setelah menang tipis 1-0 atas Tajikistan. 

Korsel mendominasi permainan sejak babak pertama dimulai hingga membuat membuat Australia tertekan. Namun Socceroos mencuri gol di akhir babak pertama Craig Goodwin. Australia unggul 1-0.

Saat kemenangan di depan mata, Australia mendapat hukuman penalti setelah Lewis Miller melanggar Son Heung-min pada menit ke-90+4. Hee-chan membuat skor 1-1 dan Korsel membalikkan kedudukan 2-1 pada menit ke-104, lewat tendangan Son. *

Komentar