nusabali

Tekankan Peningkatan Kelola Sampah

Bupati Sanjaya Berkantor di Desa Candikuning

  • www.nusabali.com-tekankan-peningkatan-kelola-sampah

TABANAN, NusaBali - Serap aspirasi rakyat secara presisten, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menggalakkan Program Bungan Desa ke-43, ketiga kalinya di awal tahun 2024. Terbaru, Bungan Desa dilakukan di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Rabu (31/1).

Saat berkantor di desa itu, Bupati Sanjaya mengimbau masyarakat untuk terus melestarikan keindahan alam terutama Danau Beratan dengan pengelolaan sampah secara optimal. Sampah ditekankan untuk ditanggulangi karena Desa Candikuning adalah kawasan wisata.

Bupati mengajak sekda, para asisten, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Tabanan dan kepala bagian di lingkungan Setda, camat se-Kabupaten Tabanan, perbekel, bendesa adat dan tokoh masyarakat setempat. Bupati Sanjaya memastikan pelayanan yang dihadirkan pemerintah dan jajaran saat itu, bisa berdampak positif, berlangsung maksimal dan tepat sasaran, melalui pelayanan KTP, konseling, PBB, perijinan, perpustakaan, kesehatan, catatan Sipil dan lain sebagainya.

Bupati Sanjaya juga mengapresiasi yang tulus kepada seluruh masyarakat atas semangat dan kerja keras yang telah ditunjukkan dalam membangun dan mengembangkan potensi desa. Salah satunya, Danau Beratan sebuah anugerah alam yang memikat. Di mana, keberadaannya memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang dalam, sehingga menjadi bagian integral dalam kehidupan di masyarakat. Sebagai cerminan dari keharmonisan alam dan manusia, untuk itu Bupati Sanjaya menghimbau agar ekosistem warisan alam tersebut dapat terus terjaga dengan baik, salah satu langkah yang dititik beratkan yaitu pengelolaan sampah.


Di samping itu, Pejabat asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan itu juga menekankan kembali tujuan kehadirannya untuk menyerap aspirasi, kebutuhan serta permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Candikuning. Dampak yang diinginkan, tentunya adalah tingkat kesehatan masyarakat yang meningkat dan menurunkan angka stunting. Meskipun sesuai data statistik, Desa Candikuning terbukti bebas dari Stunting.

Sebagai Daerah unggulan yang memiliki potensi wisata yang mendunia, permasalahan sampah tentunya menjadi kendala yang mampu mempengaruhi daya tarik Desa. Masalah Sampah yang ditekankan oleh Bupati Sanjaya saat itu, juga disampaikan oleh Perbekel Desa I Made Mudita. Perhatian pemerintah melalui Program Bunga Desa tentunya dibutuhkan dalam langkah tertib sampah di Desa Candikuning. “Bungan Desa ini luar biasa bagi kami, Bapak Bupati memberikan atensi khusus di Desa Candikuning. Saat ini potensi desa yang sedang unggul adalah pariwisata, destinasi wisata juga banyak, selanjutnya ada pertanian dan yang luar biasa di sini, persatuan erat umat Hindu dan Muslim sangat baik," paparnya.

Di kesempatan yang sama, I Wayan Muliada selaku warga Desa Candikuning yang saat itu menerima pelayanan, sampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah atas pelayanan optimal yang dihadirkan saat itu. “Dengan adanya program ini, Bapak Bupati sangat membantu masyarakat, khususnya ada pelayanan seperti kacamata gratis, KTP, cek gula darah juga dan saya sebagai masyarakat sangat senang sekali dan terima kasih kepada Pak Bupati dan Bapak semuanya karena pelayanan ini sangat membantu," jelasnya.@des

Komentar