nusabali

153 Pelajar Buleleng Ikuti Panjat Tebing Bhuana Patra

  • www.nusabali.com-153-pelajar-buleleng-ikuti-panjat-tebing-bhuana-patra

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 153 pelajar mengikuti kejuaraan Bhuana Patra Climbing Boulder Competition (BPCBC) 2024 di Lapangan Bhuana Patra, Singaraja, pada 26-28 Januari. Kejuaraan digelar untuk menjaring atlet binaan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Buleleng.

Ketua Umum Pengkab FPTI Buleleng Wahjoedi mengatakan, kejuaraan  menggelar empat kategori, yakni Boulder Perorangan Spider Kid untuk anak 7-9 tahun, Youth D untuk anak 10-11 tahun, Youth C untuk anak 12-13 tahun, Boulder Perorangan tingkat SMP dan SMA.

Wahjoedi menyebutkan, kejuaraan itu untuk memberikan ruang para pelajar menyalurkan minat  panjat tebing. Selain itu, juga untuk pembibitan atlet panjat tebing. Apalagi hal tersebut melahirkan Desak Made Rita Kusuma Dewi, atlet panjat tebing yang kini mengharumkan nama Buleleng hingga ke ajang internasional.

“Desak Rita sebagai juara dunia itu butuh waktu sebelas tahun. Kita akan melakukan penguatan dan pembinaan sedini mungkin, sehingga kompetisi ini melahirkan bibit atlet berbakat untuk Buleleng, Bali hingga Indonesia,” kata Wahjoedi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata mengatakan, kegiatan serupa harus digelar secara berkelanjutan. Sehingga melalui kejuaraan ini, akan menumbuhkan mental dan disiplin para atlet yang tentunya akan bisa melahirkan atlet yang berprestasi hingga internasional.

“Ini upaya yang bagus untuk memperkenalkan olahraga panjat tebing kepada anak-anak sejak usia pemula. Ini juga akan menjadi sebuah ajang untuk pembibitan prestasi olahraga khususnya panjat tebing di Kabupaten Buleleng,” kata Bagus Gde Surya.*mzk

Komentar