nusabali

Cari Judul Buku Cukup Via Online

  • www.nusabali.com-cari-judul-buku-cukup-via-online

MANGUPURA, NusaBali - Untuk mempermudah pemustaka atau orang yang memanfaatkan pelayanan perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Badung terus berinovasi. Salah satunya dengan mengembangkan pelayanan berupa pencarian judul buku via online.

Kepala Bidang Pengembangan Pembinaan dan Layanan Perpustakaan Diskerpus Badung Tjokorda Istri Mas Kartikawati, mengatakan program pencarian judul buku secara online sudah bisa diakses dari tahun lalu. “Pada intinya kami melakukan pelayanan untuk mempermudahkan pemustaka,” ujarnya, Jumat (26/1).

Dikatakan, di Perpustakaan Sastra Mangutama Badung terdapat 24.960 judul buku dengan 53.604 eksemplar. Dengan mencari judul buku terlebih dahulu secara online, pemustaka bisa mengetahui buku tersebut apakah tersedia di Perpustakaan Sastra Mangutama Badung atau sedang dipinjam oleh orang lain.

Tjok Kartikawati melanjutkan, layanan pencarian judul buku secara online tersebut dinamakan ‘Online Public Access Catalog (OPAC) Perpustakaan Sastra Mangutama’. Pencarian judul buku bisa diakses menggunakan komputer, laptop, ataupun smartphone melalui link http://sastramangutama.badungkab.go.id/inlislite3/opac/.

“Jadi, melalui link tersebut pengunjung bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah buku yang ingin dibaca atau dipinjam sebelum mengunjungi Perpustakaan Sastra Mangutama Kabupaten Badung. Tentu ini sangat membantu pemustaka,” katanya. 7 ind

Komentar