nusabali

Pantai Jimbaran Dilengkapi Pedestrian dan Fasilitas Baru

  • www.nusabali.com-pantai-jimbaran-dilengkapi-pedestrian-dan-fasilitas-baru

MANGUPURA, NusaBali.com - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta beserta jajaran Pemkab Badung, meresmikan sejumlah fasilitas dan infrastruktur pedestrian jalan Segara Giri Jimbaran di sepanjang Pantai Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Jumat (26/1/2024).

Sejumlah fasilitas dan infrastruktur yang ada ini merupakan bagian dari program Pemkab Badung dalam upaya penataan kembali areal sekitar pantai. Adapun, fasilitas-fasilitas yang dibangun antara lain, bangsal nelayan, bangunan kelompok nelayan, kios, koperasi, warung, dapur, tempat parkir, dan pedestrian.

Giri Prasta menjelaskan, program pembangunan sejumlah fasilitas di atas bertujuan untuk mendayagunakan masyarakat lokal, agar lebih produktif dalam pemanfaatan potensi pariwisata yang ada di Pantai Jimbaran ini. 

“Kita harus berbenah, melakukan sebuah gerakan untuk menumbuhkan dari pada perekonomian masyarakat itu sendiri,” kata Giri.

Hal ini ia sampaikan, mengingat pariwisata di Jimbaran sendiri memiliki kemajuan yang sangat pesat. Namun, penting juga diperhatikan bahwasanya masyarakat setempat harus memiliki peran dan proporsi yang lebih dalam pemanfaatan kemajuan pariwisata itu. Maka dari itu, Pemkab Badung hadir untuk menyediakan fasilitas pariwisata, agar dapat digunakan oleh masyarakat di Desa Adat Jimbaran itu sendiri.

“Segenap potensi yang ada ini, tentu bisa menjadi sebuah berkah bagi masyarakat yang ada di Jimbaran,” terang Giri.

Proyek pembangunan yang telah dijalankan selama kurang lebih 3 bulan ini, memakan anggaran daerah (APBD) sebesar Rp 19,3 miliar. Rencananya, program penataan kawasan Jimbaran ini akan dikembangkan lagi, salah satunya dengan melanjutkan proyek pedestrian di sepanjang kawasan tersebut. Diketahui, panjang pedestrian yang sudah selesai dibangun sekarang ini, sekitar 400 meter.

“Ke arah selatan dan utara (kawasan pantai Jimbaran) ini kita lanjutkan. Astungkara, tahun ini (2024) sudah bisa diselesaikan,” beber Giri.

Lebih lanjut, Giri juga menerangkan bahwa kebersihan pantai dan laut di kawasan tersebut akan masuk dalam fokus perhatian Pemkab Badung. Tindakan yang nantinya akan dibuat adalah dengan menjaga biota-biota laut dan  penanaman terumbu karang. 

Acara peresmian penataan kawasan pantai Jimbaran ini, disambut antusias masyarakat Desa Adat Jimbaran. Semua komponen ikut terlibat dalam kegiatan itu, termasuk para pelajar dari perwakilan setiap sekolah yang ada di Jimbaran. 

Hadir dalam acara peresmian ini, Wakapolda Bali, Perwakilan dari Pemprov Bali, perwakilan dari Kodam IX/Udayana, jajaran Forkompimda Kabupaten Badung, dan OPD terkait Pemkab Badung. Acara pun ditutup dengan penandatanganan prasasti peresmian penataan kawasan pantai Jimbaran. *ol4

Komentar