nusabali

Bupati Siap Tindaklanjuti Arahan Pj Gubernur Bali

Terkait Penataan Pantai Kuta

  • www.nusabali.com-bupati-siap-tindaklanjuti-arahan-pj-gubernur-bali

MANGUPURA, NusaBali - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menegaskan siap menindaklanjuti arahan Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dalam upaya menata kawasan Pantai Kuta agar tak terkesan kumuh.

Hal ini disampaikan Bupati Giri Prasta setelah mendampingi Pj Gubernur Bali meninjau Pantai Kuta, Jumat (26/1). Turut hadir Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra dan Wakapolda Bali Brigjen Pol Dr I Gusti Kade Budhi Harryarsana, Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Sachono.

“Kita akan segera adakan rapat dengan Desa Adat Kuta, biar betul-betul arahan dari bapak Pj Gubernur bisa kita implementasikan dengan baik. Kaitannya dengan penataan dan pemeliharaan Pantai Kuta, saya pastikan nanti dilakukan dengan baik. Ini harus kita jaga arahan Bapak Pj Gubernur, pintu masuk Bali adalah Kuta, wajah Bali adalah Kuta,” tegas Bupati Giri Prasta.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini juga mengajak OPD terkait, camat hingga desa adat membangun komunikasi yang baik terkait pengelolaan Pantai Kuta. Tujuannya, kata Bupati Giri Prasta, agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah.

Masih menurut Bupati Giri Prasta, Pj Gubernur Bali memiliki perhatian luar biasa kepada Kabupaten Badung. Dengan perhatian itu, Bupati Giri Prasta ingin tegak lurus dengan keinginan Pj Gubernur Bali. “Terlebih nanti bulan Maret akan ada event WBF di Badung. Maka segera kita akan rapat dengan prajuru desa adat, mencari solusi bersama. Pemkab Badung dengan masyarakat Desa Adat Kuta wajib berbenah sesuai arahan Bapak Pj Gubernur,” tegas Bupati Giri Prasta yang juga dalam acara itu dihadiri Sekda Wayan Adi Arnawa, Kadis LHK I Wayan Puja, Kadis Pariwisata Nyoman Rudiarta, Kadis PUPR IB Surya Suamba, Camat Kuta D Ngurah Bayudewa, Lurah Kuta dan Bendesa Adat Kuta.

Sementara, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, mengatakan Pantai Kuta merupakan tempat yang luar biasa. Namun ada kesan tempat yang sudah direvitalisasi oleh Bupati Badung dengan menggunakan dana yang tidak sedikit ini, terkesan menjadi kumuh.

Lebih lanjut dirinya menyebut mendapatkan beberapa komplain terkait kondisi Pantai Kuta, di mana banyak wisatawan yang mengeluh, menyatakan kekecewaannya dengan wajah Pantai Kuta yang sudah sangat bagus, tetapi karena tidak dijaga dengan baik terkesan tidak seindah yang ada di foto. Dari luar pagar terlihat pemandangan yang tidak jelas, ada banyak kios-kios kosong dan lain sebagainya.

“Setelah kita masuk ke dalam lebih kumuh lagi kesannya. Karena lingkungan yang telah ditata dengan sedemikian baik, kios-kios dibangun menggunakan kayu mahal yaitu kayu ulin, tetapi di belakangnya banyak tumpukan sampah,” ujar Pj Gubernur Bali.

“Karena Pantai Kuta ini dikelola oleh desa adat, saya minta tolong ini dijaga dengan baik yang sudah dibuat bagus ini. Apalagi Bapak Bupati Badung sudah begitu luar biasa memikirkan Kuta, ini yang harus kita jaga, kawasan Kuta yang luar biasa, wajahnya Bali. Ida Sang Hyang Widhi Wasa telah memberikan anugerah alam yang luar biasa kepada masyarakat Kuta, jadi taksunya harus tetap dijaga,” tegasnya.

Sementara, Wakapolda Bali Brigjen Pol Dr I Gusti Kade Budhi Harryarsana menyampaikan siap memberikan atensi keamanan khusus bagi wilayah Kuta dan sekitarnya dengan melakukan evaluasi dan mapping sampai ke tempat-tempat yang tidak terjangkau. “Kita akan mohon bantuan kepada Bapak Panglima untuk patroli gabungan TNI-Polri. Nanti kita turun bersama untuk mengentaskan permasalahan tersebut,” tegas Wakapolda Bali.

“Masyarakat juga jangan canggung-canggung memberikan informasi, langsung saja laporkan, kami siap dikoreksi, kami siap membantu masyarakat, kami siap untuk mendukung ketertiban bersama. Apalagi menjelang Pemilu, mari kita bersama-sama menjaga kondusivitas,” imbuhnya. @ ol3

Komentar