nusabali

89.663 KPPS Siap Diterjunkan

KPU Bali Ingatkan Jaga Kesehatan saat Coblosan

  • www.nusabali.com-89663-kpps-siap-diterjunkan

KPU Bali telah menyiapkan kerja sama dengan Dinas Kesehatan, rumah sakit, universitas-universitas yang memiliki fakultas kedokteran

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 89.663 KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) siap diterjunkan dalam coblosan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. KPU Bali mengingatkan KPPS yang telah dilantik dan akan bertugas  menjaga kesehatan saat coblosan nanti. 

Hal itu disampaikan Anggota KPU Provinsi Bali, I Gede John Darmawan saat melantik KPPS di Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kamis (25/1).  Pelantikan KPPS dilakukan serentak di seluruh Indonesia termasuk Bali. Dengan jumlah TPS di Bali sebanyak 12.809 maka jumlah KPPS yang dilantik sebanyak 89.663 orang. Mereka akan bertugas hingga 25 Februari 2024 mendatang.

John Darmawan mengatakan menjadi KPPS merupakan sebuah tugas besar negara. KPPS berada di garda terdepan untuk mensukseskan gelaran Pemilu 2024 dengan melayani warga negara yang memiliki hak konstitusional memilih. “Jadi bapak ibu (anggota KPPS,red) yang sudah pernah sebagai KPPS di Pemilu 2019 dan 2020 sudah pernah merasakan bagaimana beratnya sebagai KPPS. Pesan kami jaga kesehatan dalam bertugas, mental harus tetap terjaga,” ujar John Darmawan dalam arahannya. 

John Darmawan mengungkapkan, KPU Bali telah menyiapkan kerja sama dengan Dinas Kesehatan, rumah sakit, universitas-universitas yang memiliki fakultas kedokteran, untuk melakukan pengecekan kesehatan keliling kesehatan di masing masing TPS yang ada di Kota Denpasar. “Kami tidak ingin bapak ibu jatuh sakit pada pelaksanaan tugas. Asupan gizi dan pemeriksaan akan kami coba lakukan pada saat pemungutan suara,” ujar mantan Ketua KPU Kota Denpasar ini.

Di sisi lain, John menyebut ada mekanisme jika ada KPPS yang mendadak sakit pada H-1 pemungutan suara 14 Februari 2024. Menurutnya jika satu TPS masih menyisakan 5 KPPS (dari 7 KPPS di setiap TPS) maka proses pemungutan suara akan tetap dijalankan seperti rencana. Namun, jika satu TPS hanya menyisakan hingga 3 KPPS atau kurang, maka KPPS akan diambil dari TPS-TPS terdekat. 

Sementara Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan, seluruh TPS di Bali telah terpenuhi keanggotaannya yakni 7 anggota di setiap KPPS. Seluruh KPPS yang telah dilantik akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek). “Bali sudah semuanya terpenuhi, ada yang pelantikan saja, ada yang langsung bimtek tergantung dari kondisi masing-masing,” ujar Lidartawan saat penanaman pohon serentak KPU se-Indonesia, di Lapangan I Wayan Bulit, Serangan, Denpasar Selatan, Kamis. a

Komentar