nusabali

Bali-Lampung Mulai Terhubung Langsung

Maskapai Indonesia AirAsia Buka Rute Baru di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-bali-lampung-mulai-terhubung-langsung

Rute Bali-Lampung pertama kali dilayani di Bandara Ngurah Rai. Diyakini rute baru ini akan memperkuat konektivitas antara Pulau Bali dan Sumatera.

MANGUPURA, NusaBali
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan meningkatkan konektivitas melalui penambahan rute baru. Teranyar, maskapai Indonesia AirAsia secara resmi memulai penerbangan langsung dari dan menuju Lampung pada Rabu (17/1).

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan, mengatakan ketersediaan penerbangan langsung ke Lampung merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan konektivitas Pulau Bali dengan Pulau Sumatera. Penerbangan ini diharapkan dapat membuka potensi pasar baru untuk pariwisata di kedua provinsi.

“Ini merupakan pertama kalinya Provinsi Lampung terkoneksi dengan Bali. Dengan terbukanya rute ini, kami yakini akan meningkatkan konektivitas serta semakin mendorong pertumbuhan sektor pariwisata kedua provinsi,” kata Handy, Kamis (18/1) siang.

Menurut Handy, rute Bali-Lampung menjadi rute baru yang pertama kali dilayani di Bandara Ngurah Rai dan diyakini akan memperkuat konektivitas antara Pulau Bali dan Pulau Sumatera. Sebelumnya, penerbangan langsung ke Pulau Sumatera hanya dilayani menuju Bandara Internasional Kualanamu, Medan, oleh maskapai Batik Air.

“Diharapkan ke depannya semakin banyak maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Pulau Bali ke Pulau Sumatera, sehingga kedua pulau dapat terhubung dengan baik,” tambahnya.

Lebih lanjut Handy menjelaskan, penerbangan Indonesia Air Asia rute Bali-Lampung menggunakan pesawat tipe Airbus A320 dengan nomor penerbangan QZ 182. Penerbangan perdana tersebut terbang dari Bandara Ngurah Rai pada pukul 10.50 Wita, membawa 120 penumpang. Penerbangan kembali dengan nomor penerbangan QZ 183, mendarat di Bali pada pukul 15.30 WITA, mengangkut 177 penumpang. Rencananya, penerbangan ini akan beroperasi empat kali dalam seminggu, yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 10 menit.

Handy juga menyampaikan apresiasi kepada maskapai Indonesia Air Asia atas terbukanya rute baru dari dan menuju Lampung di Bandara Ngurah Rai. Dia juga menegaskan akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mendorong terbukanya rute-rute baru baik domestik maupun internasional.

Dengan tambahan rute tersebut, lanjut Handy, saat ini Bandara Ngurah Rai telah melayani sebanyak 21 rute domestik yang dilayani 11 maskapai. Sementara itu, untuk rute internasional yang dilayani adalah sebanyak 36 rute dengan 37 maskapai penerbangan.

“Rencana di Januari ini akan terdapat tambahan frekuensi penerbangan domestik yaitu dari dan menuju Makassar dan Solo oleh maskapai Super Air Jet dan Balikpapan dengan maskapai Batik Air. Sementara rencana tambahan penerbangan internasional oleh Juneyao Airlines untuk rute dari dan menuju Shanghai,” kata Handy. 7 ol3

Komentar