nusabali

Bandara Buka Posko Lebaran

  • www.nusabali.com-bandara-buka-posko-lebaran
  • www.nusabali.com-bandara-buka-posko-lebaran

1.381 personel dari instansi terkait diterjunkan selama pembukaan posko, yakni sejak Rabu (3/4) kemarin hingga 18 April 2024.

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai salah satu upaya memastikan kelancaran operasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung pada masa mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT Angkasa Pura (AP) I, mulai membentuk Posko Terpadu Transportasi Udara Lebaran Tahun 2024. Posko ini beroperasi terhitung mulai Rabu (3/4) kemarin hingga 18 April 2024.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, menegaskan seluruh komunitas bandara sudah siap dalam menyukseskan pelaksanaan posko terpadu ini. Menurut Handy, tema tahun ini adalah ‘Mudik Ceria dan Penuh Makna’, menandakan komitmen bersama seluruh stakeholder bandara untuk memberikan pelayanan prima kepada para penumpang.

Ditargetkan selama pembukaan posko terpadu ini akan terlayani sekitar 1.021.005 penumpang baik domestik maupun internasional. Untuk mendukung hal tersebut, telah dikerahkan sebanyak 1.381 personel yang akan bertugas selama periode liburan Idul Fitri.

“Selain itu, bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, kami lakukan ramp check untuk memastikan seluruh fasilitas di bandara dapat beroperasi dengan baik dan pelayanan di bandara dapat berjalan dengan optimal,” kata Handy, Rabu siang.

Lebih lanjut dikatakan, upaya mitigasi kepadatan lalu lintas di sekitar area bandara juga menjadi fokus, dengan penempatan personel dari Airport Security, Polres Kawasan Bandara I Gustu Ngurah Rai, Dinas Perhubungan Kabupaten Badung dan Provinsi, pecalang, serta petugas parkir di berbagai titik kritis. Beberapa skema pengalihan lalu lintas juga telah disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan yang mungkin terjadi.

“Kami telah menambahkan SOP penanganan penumpang pesawat jika kondisi macet, di mana dibuka beberapa titik masuk dengan prosedur tertentu,” ucapnya.

Selain itu, kata Handy, Bandara Ngurah Rai juga akan diramaikan dengan berbagai acara selama Ramadhan dan Idul Fitri, termasuk musik akustik Ramadhan, pembagian takjil gratis, serta penambahan dekorasi bernuansa khas hari raya. Khusus kemarin, di area kedatangan terminal domestik, juga diadakan Magibung Festival, sebuah acara yang menampilkan UMKM dan tenant dengan aneka kuliner untuk dinikmati oleh pengguna jasa bandara dan masyarakat umum.

“Kami senantiasa memberikan pelayanan terbaik demi memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jasa bandara. Untuk itu, kami mohon dukungan kepada seluruh pihak untuk turut menyukseskan Posko Terpadu Transportasi Udara Lebaran Tahun 2024 agar seluruh masyarakat Indonesia dapat melaksanakan mudik dengan ceria dan penuh makna,” ucapnya. 7 ol3

Komentar