nusabali

Tekad Beri Penampilan Terbaik

Piala Asia Dibuka : Qatar Menang, Australia Hajar India

  • www.nusabali.com-tekad-beri-penampilan-terbaik

Opening Ceremony Piala Asia 2023 mengambil tema 'The Lost Chapter of Kelileh & Demneh'. Diawali peluncuran kembang api yang disertai tabuhan musik dan lighting gemerlap. Lalu dilanjutkan tarian khas Qatar dan pertunjukan jerboa.

JAKARTA, NusaBali
Bek kiri Timnas Indonesia Pratama Arhan (22 tahun) siap memberikan penampilan terbaik bagi Merah Putih di Piala Asia 2023 Qatar. Ya, Arhan menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad Merah Putih, yakni 38 caps. Arhan unggul atas Witan Sulaeman (37 caps), Asnawi Mangkualam Bahar (36 caps), Ricky Kambuaya (34 caps) dan Rizky Ridho (29 caps).

"Alhamdulillah, coach Shin kasih kepercayaan ke saya, jadi saya harus bisa kasih yang terbaik juga untuk Timnas. Saya harus lebih kerja keras untuk kasih hasil terbaik untuk Indonesia," kata Arhan, di laman resmi PSSI, Jumat (12/1) malam.

Arhan mengatakan dirinya sangat siap tampil di Piala Asia 2023. Tergabung di Grup D, tim Garuda akan melakoni laga pertama melawan Irak pada 15 Januari, Vietnam pada 19 Januari, dan terakhir Jepang pada 24 Januari.

"Persiapan saya pribadi sangat baik, terus kondisi saya juga sangat baik sekarang. Saya juga akan ikuti instruksi dari coach Shin Tae-yong," tutur eks pemain Tokyo Verdy itu.

Sebelum terjun di Piala Asia 2023, Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki pada 21 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024. Di Turki, Tim Garuda menjalai dua laga ujicoba lawan Libya, dengan hasil kalah 0-4 dan 1-2. Usai dari Turki, Indonesia ujicoba di Qatar dengan melawan Iran dan kalah 0-5.

Sementara itu, upacara pembukaan atau 'Opening Ceremony' Piala Asia 2023 berlangsung meriah di Stadion Lusail, Doha, Sabtu (13/1) dinihari Wita. Dengan ini, pesta sepak bola terbesar di Benua Asia resmi dibuka.

Opening Ceremony Piala Asia 2023 mengambil tema 'The Lost Chapter of Kelileh & Demneh'. Dalam dongeng kuno negara Qatar, Kelileh dan Demneh sendiri merupakan hewan yang dianggap pahlawan. Stadion Lusail tampak penuh sesak dipadati penonton yang ingin menyaksikan kemeriahan upacara pembukaan Piala Asia 2023. 

Upacara pembukaan diawali dengan peluncuran kembang api yang disertai tabuhan musik dan lighting gemerlap. Kemudian, dilanjutkan tarian khas Qatar dan pertunjukan jerboa atau hewan pengerat gurun yang menjadi maskot Piala Asia 2023.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan antara tuan rumah Qatar kontra Lebanon. Qatar selaku tim tuan rumah membungkam Lebanon 3-0 dalam laga pembuka turnamen di Stadion Lusail, Doha, Sabtu dinihari Wita. Ketiga gol Qatar disumbangkan dua striker andalan mereka, yaitu Akram Afif (2) dan Almoez Ali.

Pada laga selanjutnya, timnas Australia meraih kemenangan perdanadi Piala Asia 2023, dengan menaklukkan India 2-0. Matchday pertama Grup B Piala Asia antara Australia vs India itu, berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Sabtu (13/1) malam WITA.

Australia tampil menyerang sepanjang babak pertama. Namun, India bermain rapat di pertahanan dan memaksa babak pertama berakhir tanpa gol. The Socceroos memecah kebuntuan di menit ke-50. Jackson Irvine memanfaatkan kesalahan antisipasi kiper India.

Australia menggandakan keunggulan di menit ke-73. Jordan Bos mencetak gol tap-in usai menerima umpan tarik dari sisi kiri Riley McGree. 

Hasil itu membawa Australia ke puncak klasemen Grup B dengan 3 poin, sedangkan India ke urutan buncit. Dua tim lainnya, Suriah dan Uzbekistan, belum memainkan laga pertamanya.ant

Komentar