nusabali

Sundulan Komang Teguh Tumbangkan Australia di Piala Asia U-23

  • www.nusabali.com-sundulan-komang-teguh-tumbangkan-australia-di-piala-asia-u-23

DOHA, NusaBali.com Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan krusial atas Australia dengan skor 1-0 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024).

Gol tunggal kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Komang Teguh Trisnanda pada menit ke-45, memanfaatkan bola tembakan Nathan Tjoe-A-on yang menerima bola dari sepak pojok.

Indonesia langsung tampil menekan sejak awal laga. Peluang pertama datang pada menit kedua melalui Witan Sulaeman, namun tembakannya masih bisa diblok oleh kiper Australia, Patrick Beach.

Pada menit ke-25, Indonesia mendapat hadiah penalti setelah bola VAR menyatakan bola mengenai tangan Komang Teguh di kotak terlarang.Namun, eksekusi penalti Mohamed Toure berhasil ditepis dengan gemilang oleh Ernando Ari.

Kegagalan penalti Australia justru membuat Garuda Muda semakin termotivasi. Sejumlah peluang kembali tercipta, namun belum berhasil membobol gawang Australia.

Menjelang turun minum, Indonesia akhirnya memecah kebuntuan.Berawal dari tendangan sudut, bola disundul Muhammad Ferarri ke arah Nathan Tjoe-A-on yang kemudian melepaskan tembakan. Bola liar hasil tembakan Nathan kemudian disambar Komang Teguh dan masuk ke gawang Australia. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Australia tampil lebih menekan untuk mengejar ketertinggalan. Sejumlah peluang berbahaya diciptakan, namun Ernando tampil gemilang untuk menjaga gawang Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong merespons dengan memasukkan Justin Hubner dan Ilham Rio Fahmi untuk memperkuat pertahanan tim. Strategi Shin Tae-yong terbukti ampuh. Pertahanan Indonesia semakin kokoh dan Australia kesulitan untuk menciptakan peluang.

Ernando kembali menjadi penyelamat gawang Indonesia pada menit-menit akhir pertandingan dengan menepis tembakan Lachlan Brook.Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 1-0 untuk Indonesia tetap bertahan. Kemenangan ini membawa Indonesia meraih 3 poin dan perlu satu kemenangan lagi atas Jordania pada Minggu (21/4) mendatang untuk lolos ke babak knock out.

Shin Tae-yong patut dipuji atas strategi dan taktiknya yang jitu dalam pertandingan ini. Ernando Ari juga tampil gemilang sebagai pahlawan di bawah mistar gawang.

Performa solid para pemain Indonesia di laga ini menjadi bukti bahwa mereka mampu bersaing dengan tim-tim kuat di Asia.

Mari kita terus dukung Garuda Muda untuk meraih hasil  terbaik di Piala Asia U-23 2024!

Komentar