nusabali

Dua Motor Adu Jangkrik, Satu Orang Meninggal

  • www.nusabali.com-dua-motor-adu-jangkrik-satu-orang-meninggal

DENPASAR, NusaBali - Kecelakaan lalu lintas melibatkan dua pengendara sepeda motor terjadi di Jalan Tukad Balian, Kelurahan Renon, Kecamatan Denpasar Selatan, pada Selasa (9/1) sekitar pukul 05.00 Wita. Satu orang pengendara motor meninggal di lokasi dan satu pengendara lainnya menderita luka-luka.

Dua sepeda motor yang terlibat kecelakaan yakni Honda Beat DK 6674 DE dan Yamaha Soul GT DK 2698 OQ. Pengendara Honda Beat bernama Rahmat Ansori, 23, menderita luka robek pada pelipis kanan dan dirawat di RS Bali Mandara.

Sedangkan pengendara Yamaha Soul yakni Jeki Yusi Ardiansyah, 29, menderita cedera kepala berat dan meninggal di lokasi. Jenazahnya dievakuasi petugas ke kamar jenazah RSUP Prof IGNG Ngoerah Denpasar.

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi, saat dikonfirmasi menjelaskan motor Honda Beat bergerak dari arah utara ke selatan dan Yamaha Soul bergerak dari arah selatan menuju ke utara. Setibanya di TKP pengendara Yamaha Soul mengambil jalur ke kanan karena jalan menikung, sehingga tabrakan tak bisa terhindarkan.

“Kecelakaan itu telah dilaporkan oleh Rahmat Ansori. Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan sudah diamankan sebagai barang bukti,” ujarnya.

AKP Sukadi pun mengimbau para pengguna jalan, terutama yang mengendarai sepeda motor agar lebih berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara. “Kami imbau para pengendara untuk selalu waspada saat berkendara,” imbaunya.

Untuk diketahui, sepanjang tahun 2023 Polda Bali mencatat adanya peningkatan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Dari banyaknya lakalantas yang terjadi, kasus tertinggi tercatat berlokasi di Kota Denpasar. “Terkait kecelakaan lalu lintas sepanjang 2023 terjadi sebanyak 7.224 kasus laka lantas seluruh Bali, jumlah tersebut tentunya mengalami peningkatan sebesar lebih 100 persen dari 2022 yang sebanyak 3.620 kejadian,” kata Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kd Putra Narendra di Denpasar, Kamis (28/12).

Dari data Polda Bali, kasus laka lantas terbanyak ditangani jajaran Polresta Denpasar dengan 2.245 kasus, disusul 1.073 kasus ditangani Gianyar, 881 kasus di Badung, 868 kasus di Tabanan, 675 kasus di Buleleng, 610 kasus di Karangasem, 391 kasus di Jembrana, 319 kasus di Klungkung, dan 162 kasus di Bangli.

Dari 7.224 kasus kecelakaan di seluruh Bali, sebanyak 632 orang meninggal dunia atau naik 25,89 persen dari 2022 sejumlah 502 orang, dengan rentang waktu kejadian laka lantas paling sering pukul 06.00-18.00 Wita.

“Jenis paling sering terlibat kecelakaan yaitu sepeda motor 86 persen, secara kuantitas secara umum meningkat dan ini akan kami evaluasi ke depan baik dengan kegiatan edukasi dan preventif maupun rekomendasi perbaikan sarana prasarana lalu lintas kepada pihak terkait,” ujarnya. 7 pol

Komentar