nusabali

STY Genjot Pemulihan dan Taktikal

Jelang Indonesia Kontra Iran, Selasa Malam

  • www.nusabali.com-sty-genjot-pemulihan-dan-taktikal

Para pemain Indonesia berlatih selama dua jam, dengan materi taktikal sambil memulihkan kondisi para pemain. STY bersyukur latihan berlangsung baik dan sesuai rencananya untuk secara keseluruhan.

DOHA, NusaBali
Timnas Indonesia akan menantang Timnas Iran pada laga ujicoba ketiga menjelang Piala Asia 2023, di Doha, Qatar, Selasa (9/1) malam, pukul 21.30 WITA. Jelang laga tersebut, pelatih kepala Shin Tae-yong (STY)  memberi menu latihan ringan dan taktikal.

Namun sebelum saling berhadapan, kedua negara sama-sama sudah uji coba jelang Piala Asia 2023. Skuad Garuda dua kali melawan Libya, dan hasilnya kalah 0-4 pada laga pertama dan kalah 1-2 pada laga kedua.

Sedangkan Iran menang atas Burkina Faso 2-1 lewat gol Mehdi Taremi dan Omid Ebrahimi. Pada laga ini, Iran memilih menurunkan komposisi pemain berbeda tiap babak.

Iran datang ke Piala Asia 2023 dengan kekuatan penuh. Iran diperkuat para pemain bintang yang merumput di Eropa. Selain Mehdi Taremi, Iran juga punya Sardar Azmoun (AS Roma), Saman Ghoddos (Brentford) dan Alireza Jahanbakhsh (Feyenoord).

Sedangkan dalam persiapan melawan Iran, STY menggenjot latihan Timnas Indonesia selama dua jam, dengan sedikit materi latihan taktik sambil memulihkan kondisi para pemain. Pelatih asal Korea Selatan itu bersyukur latihan berlangsung dengan baik.

"Langkah pertama yang baik, latihan berjalan sesuai rencana saya untuk secara keseluruhan," kata STY.

Laga melawan Iran jadi kesempatan melakukan evaluasi terhadap kinerja para pemain. Apalagi Piala Asia 2023 semakin dekat, dan Indonesia akan menghadapi Irak (15/1), Vietnam (19/1), dan Jepang (24/1). 

Indonesia terakhir berjumpa Iran pada 2011 pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2014. Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-4 dari Iran pada 15 November 2011. Adapun secara keseluruhan Timnas Garuda belum pernah mengalahkan Iran.

Indonesia menelan empat kekalahan dan sekali imbang. Wajar bila laga uji coba nanti jadi kesempatan bagi pasukan Shin Tae-yong untuk mencetak sejarah.

Sementara itu, STY dikhabarkan media Korea Selatan, Chosun, menderita sakit di tengah persiapan Piala Asia 2023 di Turki pada 20 Desember 2023-6 Januari 2024.

"Coach Shin Tae-yong mengalami flu yang parah selama persiapan Piala Asia 2023," tulis Chosun soal kondisi STY.

Chosun menarasikan STY tetap memberikan yang terbaik untuk Indonesia di tengah kesehatannya yang kurang mendukung. Bahkan dalam wawancara, kondisinya tidak begitu baik. Namun, dengan gigih. 

“STY terus bekerja keras dalam mempersiapkan tim untuk turnamen dan mengabdikan 24 jam untuk tujuannya," tulis laporan Chosun. 

Jelang laga lawan Iran, Timnas Indonesia wajib belajar banyak dari sejumlah kekurangan yang terlihat saat dua laga ujicoba melawan Libya. Kelemahan dan kekuarangan itu harus segera diperbaiki STY. Sebab laga tersebut sangat krusial karena menjadi laga latih tanding terakhir Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Skuad Garuda wajib memperbaiki sejumlah kelemahan dan diharapkan tak kembali terulang saat melawan Iran maupun di Piala Asia 2023. Ya, Indonesia harus meningkatkan kemampuan finishing, yang jadi aspek yang paling krusial.

Dari segi defensif, Indonesia juga masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Penyakit akut paling utama adalah kesalahan berbahaya yang bisa merugikan tim alias melakukan blunder. *

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Yakob Sayuri, Justin Hubner, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan; Rafael Struick. Pelatih: Shin Tae-yong.

Iran (4-4-2): Alirez Beiranvand; Sadegh Moharrami, Hossein Kanaani, Majid Hosseini, Milad Mohammadi; Mohammad Mohebi, Saman Ghoddos, Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh; Mehdi Taremi, Shahriyar Moghanlou. Pelatih: Amir Ghalenoei.

Komentar