nusabali

Witan Naik Haji, Ketua PSSI Luruskan soal Elkan Baggot

  • www.nusabali.com-witan-naik-haji-ketua-pssi-luruskan-soal-elkan-baggot

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) tak memasukkan Elkan Baggot dan Witan Sulaiman, yang selama ini jadi langganan Timnas Senior. Ya, sebanyak 22 pemain dipanggil Timnas Indonesia untuk menghadapi FIFA Matchday Juni dan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Iran dan Filipina.

Nama Witan Sulaeman tak dipanggil, karena akan naik haji pada akhir Mei ini.  Sedangkan soal Elkan Baggot banyak rumor yang berkembang. STY beralasan Baggot baru sembuh dari cedera meski sudah tampil membela klub dan mencetak gol. Selain itu Baggot juga tak merespon saat STY memanggilnya untuk playoff lawan Guinea dalam perebutan tiket Olimpiade 2024. 

"Iya, Witan naik haji tahun ini, jadi persiapan untuk ke sana. Witan akan berangkat haji 24 Mei bersama keluarganya," kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji. 

Sedangkan soal Elkan Baggott,  Sumardji menegaskan, para pemain yang dipanggil STY murni keputusannya dengan jajaran staf pelatih. Bahkan kaitannya dengan pemanggilan saat ini, kata Sumardji, sesuai kebutuhan di masing-masing posisi. Jadi absennya Elkan dan lain-lain itu coach STY sudah menyesuaikan dengan tim pelatih. 

Sumardji juga menegaskan tidak ada alasan lain seperti masalah-masalah non-teknis yang melibatkan Baggott dengan Shin Tae-yong maupun staf pelatih lainnya.

"Sampai dengan saat sekarang ini kita belum mendapat apa namanya laporan dari coach Shin Tae-yong berkaitan dengan situasi ini,"kata Sumardji. Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga merespons tidak dipanggilnya Elkan Baggott ke skuad Timnas Indonesia. 

"Saya tidak bisa menghakimi Elkan Baggott tidak nasionalis," ujar Erick, soal bek Ipswich Town itu tidak memenuhi panggilan Timnas U-23 beberapa waktu lalu.
Erick Thohir mengingatkan lagi agenda perebutan tiket Olimpiade 2024 beberapa waktu lalu tidak masuk kalender FIFA. Jadi bukan sebuah kesalahan bila Ipswich Town enggan melepas Elkan Baggott. Menurutnya, tidak bisa semuanya itu dadakan. 

Meski tanpa Baggott, skuad Timnas Indonesia di lini belakang tetap melimpah. Karena nama-nama seperti Jordi Amat, Jay Idzes, Rizky Ridho hingg Muhammad Ferrari, siap jadi pengganti. ant 

Komentar