nusabali

1 Juta Suara untuk Anies di Bali, Apa Strateginya?

  • www.nusabali.com-1-juta-suara-untuk-anies-di-bali-apa-strateginya

DENPASAR, NusaBali.com - Tim Pemenangan Daerah (TPD) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Provinsi Bali membuat hitung-hitungan perolehan satu juta suara di Pemilu 2024. Angka ini jauh di atas perolehan suara Prabowo-Sandi di Pemilu 2019 lalu. Apa strateginya?

TPD AMIN Bali mengaku mematok target realistis melihat konstelasi politik di Pulau Dewata. Namun, tetap percaya diri dengan kinerja mesin partai politik (parpol) di bawah Koalisi Perubahan seperti NasDem, PKB, dan PKS, juga Partai Ummat sebagai parpol pendukung.

Satu juta suara ini nilainya 30 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Bali yakni 3.269.516 orang. Dan, hampir lima kali lipat dari perolehan suara sah Prabowo-Sandi yaitu 213.415, yang kalah telak di Bali dari Jokowi-Ma'aruf pada Pemilu 2019 silam.

Ahmad Baraas, Juru Kampanye (Jurkam) TPD AMIN Bali menjelaskan, TPD punya pertimbangan mengapa target satu juta suara ini muncul. Kata advokat yang juga Ketua DPW Anies Pemimpin (AP) 2024 Bali ini, ada tiga faktor yang mempengaruhi; komunitas Muslim, kader parpol koalisi, dan faksi dari parpol seberang.

"Kami realistis juga. Selama ini relawan yang sudah tumbuh di Bali itu kebanyakan komunitasnya dari kalangan umat Islam. Kalau dihitung umat Islam yang berhak memilih itu, kira-kira jumlahnya 600.000," kata Baraas ketika dihubungi, Kamis (4/1/2024).

Modal dasar ini disebut sudah digarap dan berupaya dimatangkan agar suara umat Islam di Bali ini dapat diserap ke kubu AMIN. Kemudian, lanjut Baraas, amunisi tambahan berasal dari kader nasionalis parpol Koalisi Perubahan yang jumlahnya sekitar 205.000 orang.

Apabila dihitung kasar, ungkap Baraas, modal untuk satu juta suara ini sudah 805.000 pemilih. Selanjutnya, sisa 200.000 suara lainnya dibidik dari pecahan atau faksi dari parpol seberang maupun 'bekas kawan' Koalisi Perubahan.

Disebut-sebut kader maupun konstituen dari parpol seberang ada yang bersimpati kepada pasangan AMIN. Utamanya, 'bekas kawan' seperti Demokrat yang sempat singgah di Koalisi Perubahan maupun parpol bercorak Islam dan nasionalis lainnya.

Faksi dari parpol seberang yang bersimpati ke pasangan AMIN ini, kata Baraas, dapat menjadi pelengkap target perolehan suara untuk duet mantan Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum PKB ini.

"Memang tidak semua (bisa) diambil, tapi hitung-hitungan satu juta suara ini bisa kami usahakan itu tercapai. Dengan satu juta suara ini saja sudah cukup baik bagi Pak Anies di Bali karena dulu Pak Prabowo kan 8 persen," tandas Baraas. *rat

Komentar