nusabali

Tahun Baru, Volume Sampah di Jembrana Naik 15 Persen

  • www.nusabali.com-tahun-baru-volume-sampah-di-jembrana-naik-15-persen

NEGARA, NusaBali - Volume sampah di Kabupaten Jembrana melonjak seiring perayaan malam Tahun Baru 2024, Minggu (31/12) malam. Dibanding hari biasa, ada kenaikan sampah antara 13-15 persen selama dua hari pada Minggu (31/12) dan Senin (1/1).

Sesuai data yang dihimpun dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jembrana, volume sampah jelang tahun baru sudah meningkat sejak Sabtu (30/12). Di mana pada Minggu (31/12), tercatat sekitar 29.800 kilogram atau 29,8 ton sampah yang diangkut ke TPA Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara. Volume sampah itu meningkat sekitar 13 persen dibanding volume sampah pada hari biasa yang berkisar 26 ton.

Sementara pada Senin (1/1), jumlah sampah yang diangkut ke TPA Peh menembus sekitar 30,5 ton. Volume sampah yang diangkut tepat setelah perayaan malam tahun baru itu naik sekitar 15 persen dibanding volume sampah pada hari biasa. “Ada kenaikan sekitar 15 persen,” ujar Kepala Dinas LH Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa, Selasa (2/1).

Menurut Dewa Candra, lonjakan sampah saat tahun baru itu didominasi jenis sampah non organik. Peningkatan sampah yang signifikan terjadi di seputaran Gedung Ir Soekarno, Jalan Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, yang menjadi pusat perayaan malam tahu baru. 

Terkait acara perayaan di Gedung Ir Soekarno, Jembrana yang digelar pada Sabtu (30/12) malam dan Minggu (31/12) malam, juga sudah ditangani petugas kebersihan setelah usai acara di pagi harinya. “Jadwal bersih-bersih termasuk pengangkutan sampah setiap pagi dan sore. Jadi sebelum dan sesudah acara tetap ada pembersihan,” ucap Dewa Candra. 7 ode

Komentar