nusabali

250 Pesilat Pelajar Ikuti Mangupura Cup

  • www.nusabali.com-250-pesilat-pelajar-ikuti-mangupura-cup

MANGUPURA, NusaBali - Sebanyak 250 pesilat pelajar dari enam kecamatan di Badung mengikuti Kejuaraan Mangupura Cup, yang digelar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Badung. Kegiatan berlangsung pada 28-30 Desember ini, dan khusus bagi para pelajar untuk menjaring bibit pesilat baru.

Ketua Umum Pengkab IPSI Badung Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi juga menegaskan, kegiatan di GOR Mengwi itu diikuti para pelajar dari berbagai sekolah di enam kecamatan, yakni Petang, Abiansemal, Mengwi, Kuta Utara, Kuta, dan Kuta Selatan.  

Kejuaraan dibuka Kadisdikpora Badung I Gusti Ngurah Dwipayana mewakili Bupati Nyoman Giri Prasta, dan dihadiri juga jajaran pengurus KONI Badung. Sukma Dewi pun berharap, adanya para juara dalam kegiatan itu juga sebagai regenerasi pesilat Badung.  

“Tujuan event pelajar ini untuk mencari bibit pesilat baru. Jadi, mencari bibit potensial sejak dini. Mereka yang terbaik akan dipersiapkan menjadi atlet IPSI Badung, untuk menghadapi sejumlah kejuaraan, seperti Porprov Bali dan lainnya," kata Sukma Dewi, Kamis (28/12)

Sementara itu, Ketua Umum KONI Badung Made Nariana dalam sambutannya memberikan apresiasi IPSI Badung. Sebab, dengan nyata melakukan pembinaan kepada para pesilat muda. Dia mengharapkan IPSI Badung membantu memberikan kontribusi kepada Kontingen PON Bali menghadapi PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatra Utara. 

"Tentu KONI Badung sangat mengapresiasi semua cabor yang aktif melaksanakan kegiatan seperti ini," kata Nariana.

Kegiatan ini, kata Nariana, juga bagian dari mempersiapkan diri menghadapi Porprov Bali 2025. Selama ini, Nariana mencatat bahwa pesilat Badung selalu menjadi juara umum dalam Porprov Bali. Dia juga mengharapkan cabor lain anggota di Badung melakukan kegiatan tanpa henti. 

Menurutnya, atlet berprestasi tidak dapat dibentuk seperti membalikkan telapak tangan. Atlet harus dibangun jangka panjang setahun-dua tahun sebelum terjun ke berbagai kegiatan olahraga. "Prestasi itu supaya tetap dipertahankan dengan terus menerus melakukan membina atlet-atlet muda, seperti yang tumbuh di tingkat pelajar," kata Made Nariana.dar

Komentar