nusabali

3 Perbekel PAW Ditantang Berinovasi

  • www.nusabali.com-3-perbekel-paw-ditantang-berinovasi

TABANAN, NusaBali  - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya melantik tiga perbekel pengganti antar waktu (PAW) masa bhakti 2023-2025, di Kantor Bupati Tabanan, Rabu (27/12). Tiga perbekel ini diminta berinovasi untuk memajukan pembangunan desa masing-masing.

Tiga perbekel PAW tersebut, yakni Perbekel Desa Antosari, Kecamatan Selemadeg Barat I Nyoman Agus Suriawan, Perbekel Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan I Gusti Nengah Sulandera, dan Perbekel Desa Pandak Gede, Kecamatan Kediri I Made Topik Wibawa.

Dalam pelantikan tersebut, Bupati Sanjaya berpesan kepada para perbekel itu untuk segera memahami tugas. Mereka juga diminta meningkatkan dan melahirkan sumber daya manusia (SDM) dan inovasi untuk memajukan desa.

"Bersyukur proses PAW berjalan lancar sehingga hari ini (Rabu kemarin,Red) dapat dilangsungkan pengambilan sumpah dan penandatangan berita acara. Saya ucapkan selamat menjalankan tugas, bekerjalah dengan giat, jujur, tanggap dan inovatif yang mampu membawa perubahan Desa pada upaya kemajuan pembangunan dan perekonomian masyarakat Desa," ujar Bupati Sanjaya.

Menurutnya, perbekel PAW yang dilantik ini hasil dari musyawarah desa. Pada hakikatnya PAW untuk menjaga kesinambungan penyelenggaraan roda pemerintahan desa yang sekaligus meneruskan masa jabatan perbekel sebelumnya. "Perbekel PAW memiliki tanggung jawab dan kewajiban utamanya terkait dengan pelayanan masyarakat. Perbekel ini selesai melaksanakan tugas berdasarkan sisa masa jabatan perbekel sebelumnya yang digantikan," tegasnya.

Selain itu, kata dia, ketentuan Undang-undang Nomor : 6 Tahun 2014 tentang Desa mengamanatkan perbekel PAW memahami tugas, wewenang dan kewajiban dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan.

 “Untuk itu, segera pahami tugas, wewenang dan kewajiban dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan inovasi. Hal ini untuk menghindari kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi serta memetakan potensi Desa yang dimiliki. Kemudian memanfaatkan dana-dana transfer untuk pengembangan potensi Desa dan Sumber daya pendapatan asli Desa agar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," pesan Bupati Sanjaya.

Bupati juga berharap, perbekel terpilih yang disepakati melalui musyarawah desa dapat mampu menjalin komunikasi, koordinasi dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga di desa, pemerintah kecamatan, dan pemerintah kabupaten. Selain itu, memiliki tanggungjawab untuk menjaga stabilitas dan kelangsungan program-program yang telah dicanangkan oleh perbekel sebelumnya melalui program dan kegiatan yang telah tertuang pada rencana pembangunan jangka menengah desa.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga perbekel PAW ini yang dilantik ini karena perbekel sebelumnya mengundurkan diri. Karena mereka mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2024. Tiga perbekel tersebut, yakni Perbekel Sembung, Kecamatan Kerambitan, I Nengah Suraja. Perbekel Antosari, Kecamatan Selemadeg Barat I Wayan Widhiarta, dan Perbekel Pandak Gede, Kecamatan Kediri I Gusti Ketut Artayasa. Untuk mengisi kekosongan, di hari pengunduran diri itu pun pun melalui SK yang sama telah ditunjuk Pj (Penjabat). Kemudian perbekel yang mengundurkan diri langsung diberhentikan.7des

Komentar