nusabali

Gema War On Drug Libatkan 11.878 Orang

  • www.nusabali.com-gema-war-on-drug-libatkan-11878-orang

SEMARAPURA, NusaBali - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Klungkung menggelar press rilis akhir tahun 2023 di Jalan Matahari, Kelurahan Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kamis (21/12).

Kepala BNN Kabupaten Klungkung I Komang Setiawan SE MSi mengatakan, Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) menggelar Gema War On Drug melibatkan 11.878 orang. Sosialisasi bahaya dan dampak narkoba di lingkungan masyarakat menyasar 270 orang, sosialisasi bahaya dan dampak narkoba di lingkungan pendidikan melibatkan 1.006 orang. 

BNN Kabupaten Klungkung juga membentuk 240 relawan anti narkoba. Bersama Pemkab Klungkung dan DPRD Klungkung menerbitkan Perda Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Seksi P2M BNN Kabupaten Klungkung juga menggelar test urine menyasar 311 orang. “Hasil test urine semuanya negatif,” ujar Setiawan. Upaya mendekati generasi muda melalui dialog interaktif remaja dengan membentuk teman sebaya sebanyak 10 orang. Tahun ini sudah terbentuk 10 keluarga yang diintervensi, membentuk 7 Desa Bersinar dan 1 Kelurahan Bersinar. “Kami punya 240 orang relawan anti narkoba,” jelas Setiawan.

Seksi Pemberantasan pada Januari 2023 berhasil mengungkap kasus narkotika dengan 1 orang tersangka. Barang bukti 4,49 gram metamfetamin (shabu), 1 buah alat isap narkotika atau bong, 1 buah timbangan digital, 1 buah pipet kaca, 1 korek api, dan 1 buah HP. “Seksi Pemberantasan juga melaksanakan test urine bekerja sama dengan perangkat daerah, desa, dan instansi terkait wilayah Klungkung,” ujar Setiawan. Berkoordinasi dengan Rutan Kelas IIB Klungkung menggelar test urine terhadap 30 warga binaan dan 10 pegawai dengan hasil negatif. 
 
Setiawan menegaskan, test urine akan terus dilaksanakan mencegah peredaran narkoba di dalam Rutan Klungkung. Pada Seksi Umum target penyerapan anggaran tahun 2023 mencapai 98,38 persen. Ke depannya jumlah penyerapan anggaran BNN Kabupaten Klungkung diperkirakan mencapai 98,75 persen. 7 wan

Komentar