nusabali

Cawapres Bersiap Hadapi Debat

Gibran Cuti, Mahfud Biasa Saja, Gus Imin Baca Ulang Visi Misi

  • www.nusabali.com-cawapres-bersiap-hadapi-debat

Debat kedua antara calon wakil presiden (Cawapres), Jumat besok diprediksi akan lebih disorot publik dibandingkan debat pertama yang menghadirkan para Capres

JAKARTA, NusaBali
Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan digelar KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC) atau Balai Sidang Jakarta, Jakarta Pusat pada Jumat (22/12) besok. Menghadapi debat yang mendapatkan sorotan luas, para Cawapres pun sudah melakukan berbagai persiapan.  

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti sebagai Walikota Surakarta jelang debat. Pengajuan cuti tersebut diberikan kepada Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Terkait hal itu, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkot Surakarta Herwin Tri Nugroho Adi di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan cuti dilakukan selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat.

"Untuk kampanye dan debat. Besok kampanye, besoknya debat," katanya. Ia mengatakan surat sudah turun dari Pj Gubernur Jawa Tengah pada Senin (18/12). Dengan cutinya Gibran, tugas sebagai Walikota akan didisposisikan kepada Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa. Ia memastikan cutinya Gibran tidak mengganggu kinerja pemerintahan Pemkot Surakarta. Sementara itu, sebelum cuti, kemarin Gibran masih terlihat berada di kantornya di Balai Kota Surakarta. Disinggung mengenai persiapan debat, ia enggan menjawab banyak. Meski demikian, ia mengaku sudah siap menjalani debat. "Sudah, saya tak berangkat dulu ya," katanya.

Sementara Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko mengatakan berbagai persiapan dilakukan Gibran jelang debat capres-cawapres. Budiman menilai tema debat kali ini merupakan hal-hal yang dikuasai Gibran.

"Karena beliau di Solo, ada tim temen-temen Solo yang menyampaikan kepada beliau, kami, dewan pakar, sudah menyusun dan mengirim hasil-hasil rapat kami," kata Budiman di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu kemarin. Budiman mengatakan Gibran dan dewan pakar TKN akan bertemu jelang debat. Mereka akan membahas materi-materi yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh dewan pakar.

"Hasil-hasil rapat kami dan tim Mas Gibran dan nanti akan diatur pertemuannya dengan tim dewan pakar di Jakarta dan Solo, ketemu Mas Gibran langsung," ucapnya. Budiman menyebut tema debat cawapres perdana mengenai ekonomi, keuangan, hingga pengelolaan APBD telah dikuasai oleh Gibran. Oleh karena itu, TKN dan Gibran tidak terlalu cemas dalam menghadapinya.

Sementara ditemui usai menyapa warga di Kampung Nelayan Marunda Kepu, Jakarta, Rabu kemarin Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md mengatakan tidak melakukan persiapan khusus menjelang debat perdana calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 pada Jumat besok. Mahfud berpendapat debat cawapres perdana tersebut akan lebih banyak dipengaruhi oleh pengetahuan yang telah dimiliki dan dikuasai oleh masing-masing kandidat.

“Debat itu adalah apa yang ada sekarang, yang dimiliki lalu diperdebatkan, menguasai atau tidak gitu saja. Kalau persiapan khusus dengan bidang yang begitu luas tidak perlu,” ujar Mahfud. Menurut Mahfud, debat pada Jumat malam di Balai Sidang Jakarta (JCC) itu hanya menguji penguasaan masing-masing kontestan terhadap pengetahuan maupun pengalaman yang sudah dijalani sejauh ini. Selain itu, Mahfud mengatakan dirinya masih sibuk bekerja sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) sehingga dirinya memiliki waktu terbatas untuk membaca berbagai usulan bahan bacaan dari tim ahli. Meski demikian, Ia mengaku tetap menyempatkan diri untuk melakukan diskusi singkat atau membaca masukan yang dikirimkan lewat pesan layanan singkat.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid mengatakan bahwa pihaknya percaya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam menyelenggarakan debat kedua yang akan diikuti tiga calon wakil presiden.

Hal itu disampaikan Arsjad untuk menanggapi kekhawatiran masyarakat terhadap kemungkinan peserta Pilpres 2024 membawa sontekan di podium debat. "Ya kami serahkan itu semua kepada KPU ya. Jadi intinya adalah kami percaya bahwa KPU itu akan selalu netral," kata Arsjad di Gedung High End, Jakarta, Rabu. Arsjad mengaku TPN selalu berpikiran positif. Selain itu, pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud siap mengikuti debat yang diadakan KPU RI.

"Kami percaya bahwa yang diberikan itu adalah yang terbaik. Jadi kami akan ikut apa yang sudah KPU siapkan. Jadi kami selalu positif dan pemikirannya demikian. Dengan demikian, Pak Mahfud dan Mas Ganjar intinya apa pun yang sudah (disiapkan) oleh KPU, mereka akan ikuti dan kita lihat nanti," ujarnya.

Terpisah Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Gus Imin membaca ulang seluruh visi-misi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN terutama di bidang ekonomi sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi debat kedua yang akan digelar pada Jumat malam besok. "Yang saya persiapkan membaca-baca lagi semua visi-misi AMIN, terutama di bidang ekonomi," katanya. Cawapres yang kerap disapa Gus Imin ini mengatakan presentase program untuk memajukan perekonomian Indonesia dalam buku visi-misi AMIN yakni sebanyak 60 persen, sehingga hal itu membuat dirinya harus fokus untuk memilah esensi dari visi-misi yang ada.

"Presentase visi-misi AMIN itu lebih dari 60 persennya adalah ekonomi, dan tentu ini pekerjaan yang serius karena harus memilah dengan enam tema itu," ujarnya. Gus Imin menilai, diselenggarakannya debat capres dan cawapres memiliki tiga tujuan, yakni melibatkan masyarakat dalam agenda yang diperjuangkan oleh capres dan cawapres, menguji kualitas visi-misi agar sesuai dengan tuntutan masyarakat, serta sebagai indikator untuk menilai kesiapan menjalankan program-programnya.

Sedangkan Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Billy David, menilai debat kedua antara calon wakil presiden (cawapres) akan lebih disorot oleh publik dibandingkan debat pertama yang menghadirkan para calon presiden (capres). Ia merasa dinamika yang terjadi pada debat pertama menyebabkan publik semakin antusias untuk menyaksikan debat kedua. Di samping itu, menurutnya calon presiden nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming Raka bakal menjadi sorotan dalam kegiatan debat tersebut. "Bahkan kalau saya rasa, saya prediksikan antusiasmenya melebihi debat yang pertama," kata dia, di Rumah Pemenangan Timnas AMIN, Jakarta, Rabu kemarin.

Menurut dia, debat cawapres juga bakal menjadi menarik karena sebelumnya banyak perdebatan soal format debat tersebut. Beberapa waktu lalu, ada beberapa isu usulan agar debat cawapres ditiadakan hingga debat cawapres yang didampingi oleh capres.

Sejauh ini, menurutnya cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar bakal berkomunikasi dengan pasangannya yakni Anies Baswedan untuk singkronisasi isu yang akan diangkat pada saat debat nanti. Selain itu, menurutnya pria yang akrab disapa Cak Imin itu tidak memiliki persiapan khusus sebelum debat. Sebab persiapan debat yang dilakukan Cak Imin menurutnya sudah dilakukan sehari-hari saat masa kampanye. "Forum-Forum seperti 'Slepet Imin' yang kemarin baru dilakukan di Depok, terus forum-forum adu gagasan yang lain, itu sudah membuat persiapan yang panjang," katanya.

Ia pun memastikan ketua Partai Kebangkitan Bangsa itu sudah siap 100 persen menghadapi debat cawapres. Paling tidak, kata dia, isu-isu terkait topik debat cawapres itu sudah pernah digeluti oleh Cak Imin. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan debat kedua Pilpres 2024 yang mempertemukan para calon wakil presiden (cawapres) bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC) atau Balai Sidang Jakarta, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember mendatang. Adapun tema debat kedua mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Sebelumnya pada Senin (18/12), KPU menyetujui hasil masukan dari tim sukses masing-masing capres-cawapres untuk menyediakan podium bagi kandidat pada rangkaian debat Pilpres mendatang. “Catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama, di antaranya semua tim paslon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (18/12) lalu. Karena itu, penambahan podium ini menjadi salah satu hal yang membedakan debat cawapres dari debat sebelumnya. Sementara itu untuk mekanisme debat, Hasyim mengatakan masih menggunakan format yang sama dengan debat pertama yang mempertemukan antar capres pada Selasa 12 Desember. 7 ant

Komentar