nusabali

92.6 RPKD FM Wujudkan Inklusifitas, Raih Prestasi di Kancah Nasional

  • www.nusabali.com-926-rpkd-fm-wujudkan-inklusifitas-raih-prestasi-di-kancah-nasional

DENPASAR, NusaBali - Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Publik Kota Denpasar (RPKD FM) kembali meraih dua prestasi nasional, yaitu Top 45 Inovasi Terpuji dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB, dan Juara 1 Radio Host Terbaik IndonesiaPersada.ID.

RPKD FM yang akrab menyapa pendengarnya dengan sebutan ‘Warga Kota’ ini saat ini berada di bawah naungan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar, dengan studio berlokasi di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara. Mengudara setiap hari pada frekuensi 92.6 FM pukul 06.00 – 23.00 Wita. RPKD FM saat ini memiliki 9 program siaran andalan, yakni, Pagi Denpasar, Jendela Informasi Wanita, Sekar Jempiring Anyar, Kilas Pesona, Romansa Oldies, Sekar Jempiring Lawas, Seputar Kota, Denpasar Malam, serta Zero Talk.

Sejak tahun 2016, RPKD FM telah memberikan wadah bagi 6 penyandang disabilitas untuk menyalurkan bakat di bidang broadcasting dengan menjadi penyiar khusus dengan program Siaran Disabilitas di hari Jumat hingga Minggu. Selain itu, sebagai upaya pelestarian budaya Bali, RPKD FM juga menyediakan program khusus setiap Minggu sore bertajuk Gita Sancaya, yang diperuntukkan bagi kelompok-kelompok lanjut usia di Kota Denpasar dalam menyalurkan hobi menyenandungkan kidung serta kakawin tradisional Bali. Sejak tahun yang sama pula RPKD FM konsisten setiap bulannya memberikan edukasi mengenai permasalahan remaja rentan dengan menggandeng Komunitas Kita Sayang Remaja (Kisara). 


Berkat konsistensinya memberdayakan tiga kelompok masyarakat rentan tersebut, serta kolaborasi yang solid dengan berbagai komunitas dan OPD terkait, RPKD FM melalui Inovasi Raditya (Radio Inklusi Menuju Denpasar Maju dan Jaya) mewakili Kota Denpasar berhasil meraih posisi tertinggi yaitu Top 45 Inovasi Terpuji dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB dengan mengalahkan ribuan peserta lainnya.

Sebagai radio pemerintah dengan status LPPL, RPKD FM juga terus aktif berjejaring secara nasional. Sejak 2019 RPKD FM telah tergabung dalam asosiasi radio dan TV publik seluruh Indonesia bernama IndonesiaPersada.ID dengan ratusan anggota LPPL yang tersebar di provinsi serta kabupaten/kota seluruh nusantara. Dan pada Musyawarah Kerja Nasional sekaligus Indonesia Persada Award 2023 yang diselenggarakan awal November 2023, RPKD FM berhasil meraih Juara 1 Radio Host Terbaik.

Sejak resmi mengudara pada 21 Oktober 2002, RPKD FM terus berkomitmen menjadi media yang mengedepankan inklusivitas, serta selalu hadir memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Denpasar akan sarana komunikasi, sosialisasi, dan informasi mengenai layanan publik, pembangunan, pendidikan, pelestarian budaya, kegawatdaruratan, kebencanaan, info lalu lintas, dan hiburan yang berlandaskan spirit vasudhaiva kutumbakam sehingga dapat diterima serta dinikmati manfaatnya oleh seluruh masyarakat. @

Komentar