nusabali

Libur Nataru, Menparekraf Targetkan 250 Juta Pergerakan Wisatawan

  • www.nusabali.com-libur-nataru-menparekraf-targetkan-250-juta-pergerakan-wisatawan

SERANG, NusaBali - Menparekraf Sandiaga Uno menargetkan 200-250 juta pergerakan wisatawan saat libur Natal dan tahun baru 2004. Ia juga berharap dengan adanya peningkatan itu diiringi wisatawan yang semakin sadar dengan kesehatan.

"Target ekonominya nanti peningkatan 107 juta libur Nataru, ini PPP, partai para pelipur, itu mayoritas akan berkegiatan wisata, jadi kita menargetkan dua sampai 2,5 kali lipat totalnya 200-250 juta pergerakan wisata di bulan Desember," kata Sandiaga dalam kesempatan di Serang, Banten, seperti dilansir detikcom, Sabtu (16/12).

Tapi, imbauannya, ia ingin wisatawan di Indonesia tetap waspada khususnya akibat adanya informasi kenaikan COVID-19 karena ada kenaikan penyebaran luar negeri. Di Indonesia sendiri, COVID-19 menurutnya masih terkendali.

Di samping itu, Kemenparekraf sudah memberikan imbauan berupa surat edaran khususnya ke pengelola atau ke dinas yang mengurus destinasi wisata alam pegunungan.

Ini terkait dengan kewaspadaan akibat yang terjadi di Gunung Marapi. Jadi, jika sudah ada peringatan tertentu apalagi siaga, maka mestinya semua pihak baik termasuk wisatawan harus mematuhi.

"Kita menyampaikan peringatan dan surat edaran untuk mengimbau seluruh destinasi wisata terutama wisata alam di pegunungan untuk penuh kehati-hatian. Karena yang terjadi di Gunung Marapi itu sebetulnya sudah siaga dua tapi peringatannya tidak dipatuhi," kata dia.

"Untuk itu saya mengimbau dinas pariwisata untuk tegas jika keadaan masih dalam situasi tidak kondusif tidak diperkenankan wisatawan untuk berkunjung di destinasi tersebut," pungkas dia. 7

Komentar