nusabali

Perbanas Bali Ajak Bankir Punya Mental Pemenang

  • www.nusabali.com-perbanas-bali-ajak-bankir-punya-mental-pemenang
  • www.nusabali.com-perbanas-bali-ajak-bankir-punya-mental-pemenang

DENPASAR, NusaBali.com - Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Bali menggelar talkshow bertema ‘Menjadi Pemenang’ pada Sabtu (16/12/2023) di Colony Creative Hub Restaurant, Plaza Renon, Denpasar.

Talkshow ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Paulus Wiratno selaku motivator dan Kadek Puja Astawa (Hai Puja) yang dikenal sebagai influencer.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Perbanas Bali, Stevanus Manek, mengatakan bahwa tema ‘Menjadi Pemenang’ diangkat karena setiap orang ingin menjadi pemenang. Tanpa disadari,  kata Stevanus, hidup kita adalah sebuah pertandingan. 

Pertanyaannya, bagaimana mengakhiri pertandingan ini? Bagaimana cara kita mencapai garis finish? "Bankir yang baik harus berjiwa pemenang. Jangan anggap kegagalan akhir segalanya," kata Stevanus.

Menurut Stevanus, ada tiga ciri-ciri seorang pemenang, yaitu: Tidak cepat puas. Artinya, jangan terbuai dengan prestasi saat ini. Tetapi berusahalah terus menciptakan prestasi baru.

Melupakan yang sudah terjadi. Artinya, sudah berdamai dengan masa lalu. Tidak mau lagi dipengaruhi oleh kegagalan masa lalu. Fokus pada tujuan. 

"Dalam sebuah pertandingan, kita harus fokus pada garis finish. Kemenangan terletak pada akhir pertandingan, bukan awal atau tengah," kata sosok yang berkarier di dunia perbankan sejak 2005 berkarier di Bank Commonwealth ini.

Kegiatan ini menjadi yang kedua dilakukan oleh Perbanas untuk staf di lingkup anggota Perbanas Bali. “Kalau untuk level para  pimpinan kan setiap bulan bertemu,  maka kami ingin para staf  juga saling kenal, minimal setahun dua kali,” tuntas Stevanus.

Stevanus juga mengatakan bahwa talkshow ini merupakan salah satu upaya Perbanas Bali untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan perbankan Bali.

Paulus Wiratno saat memberikan motivasi kepada para staf bank di lingkup Perbanas Bali.

Pada kesempatan yang sama, Paulus Wiratno selaku motivator mengatakan bahwa arti sukses bukanlah menjadi orang kaya, sejahtera, atau terkenal. 

“Sukses adalah menemukan tujuan hidup, memaksimalkan potensi hidup dan menyebarkan kebaikan,” kata Paulus yang dikenal sebagai pengisi program Making Life Better di Radio Jaringan Dian Mandiri.

Ia pun mengajak sekitar 120 peserta yang hadir mengevaluasi diri, apakah sudah melakukan, dan bisa segera mendapatkan kesuksesan yang dimaksud.

Paulus juga memberikan beberapa tips untuk menjadi pemenang. Yang utama adalah sikap optimis. Pasalnya, optimisme adalah kunci untuk meraih kesuksesan.

Selanjutnya soal kegagalan dinilai bagian dari proses menuju kesuksesan, sehingga sikap pantang menyerah harus ditumbuhkan. Selanjutnya ia juga mengingatkan agar menjadi diri sendiri. 

Talkshow ‘Menjadi Pemenang’ ini diikuti oleh perwakilan staf dari 46 bank anggota Perbanas Bali. Masing-masing bank diminta mengrim tiga perwakilan staf, mulai dari marketing, service, support hingga IT.

Komentar