nusabali

Kapolda dan Pangdam Rakor Pengamanan Nataru

  • www.nusabali.com-kapolda-dan-pangdam-rakor-pengamanan-nataru

DENPASAR, NusaBali - Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra pimpin langsung rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral terkait pengamanan Natal dan tahun baru, pada Rabu (13/12).

Rakor yang digelar di gedung Rupatama, Mapolda Bali, Jalan WR Supratman Nomor 7 Denpasar itu dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, Wakapolda Brigjen Pol I Gusti Kade Budhi Harryarsana, dan para pejabat utama di lingkungan Pold Bali, serta Kapolres/Kapolresta.

Kapolda mengatakan rakor yang digelar ini merupakan tindak lanjut dari Rakor yang digelar di Mabes Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. “Rakor ini menjadi wadah bagi kita untuk memantapkan komitmen bersama dan memastikan kesiapan instansi masing-masing dalam menyambut peringatan hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” tutur Kapolda.

Jenderal bintang tiga di pundak ini mengatakan kegiatan Rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan Nataru ini sengaja dilaksanakan lebih awal. Tujuannya agar memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan segalanya. “Rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan Nataru ini, sengaja kami laksanakan lebih awal sehingga memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dan melengkapi sarana prasarana yang akan digunakan nantinya,” tuturnya.

Di sela kegiatan itu Polda Bali dan Kodam IX/Udayana menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Dalam MoU tersebut disepakati sejumlah hal di antaranya perjanjian kerja sama sinergitas dan integritas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi TNI-Polri untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah Bali.


Kapolda berharap MoU ini dapat menjadi landasan bagi TNI dan Polri untuk bekerja sama lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Terlebih lagi ke depan akan melaksanakan pengamanan hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, serta Pemilu serentak 14 Febuari 2024.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana menyampaikan Kodam Udayana siap membantu kepolisian daerah Bali. Oleh karena itu perlu ada kerjasama, sinergitas dan integrasi antara Polda Bali serta Pemprov Bali dengan Kodam IX/Udayana dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) serta menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah dapat berjalan aman dan lancar.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Kodam IX/Udayana menyiapkan 5.580 prajurit untuk membantu Polda Bali dalam melaksanakan kegiatan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta penyelenggaraan Pemilu 2024," jelasnya.pol

Komentar