nusabali

3 Pasang Siswa Ikuti Pemilos SMPN 1 Abang

  • www.nusabali.com-3-pasang-siswa-ikuti-pemilos-smpn-1-abang

AMLAPURA, NusaBali - Pemilihan Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMPN 1 Abang, Karangasem, diikuti tiga pasang calon. Pemilos dikoordinasikan langsung Kepala SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra, di Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem, Senin (11/12).

Pemilos dimenangkan pasangan calon nomor 2, I Kadek Wedana kelas VIIIA - Tu Agus Artha Sadewa kelas VIIG, dengan 485 suara. I Kadek Wedana memenangkan jabatan Ketua OSIS untuk masa bhakti tahun 2024, menggantikan Ni Ketut Delita Cintya Balmalia. Pemilos kali ini, menurut Bagus Putra, sedianya diikuti 794 pemilih, terdiri atas 747 siswa dan 47 guru dan pegawai. Hanya saja yang menggunakan hak pilih hanya 702 orang. Suara sah 698 suara dan suara tidak sah 5 suara. 92 orang tidak menggunakan hak pilih karena berhalangan,

Pasangan I Kadek Wedana - Tu Agus Artha Sadewa meraih suara terbanyak, 485. Mereka mengungguli pasangan nomor 1I Gede Widyaputra Somyantara kelas VIIIB dan Aldea Geordeola kelas VIIC, dengan 180 suara dan pasangan nomor urut 3 I Wayan Tama kelas VIIIC dan Ni Putu Linda kelas VIIH hanya meraih 37 suara.

Pemilos tahun 2022 juga melibatkan tiga pasang calon. Pemenangnya saat itu, siswi kelas VIII/D Ni Ketut Delita Cintya Balmalia, dengan 243 suara, disusul I Wayan Depa Pratama kelas VIII/A dengan 239 suara dan Ni Putu Ari Anggreni kelas VIII/C dengan 216 suara.

Pemilos terbagai dua TPS (tempat pemungutan suara) dan 4 bilik suara, di bawah koordinasi Ketua Panitia Ni Ketut Delita Cintya Balmalia, yang juga Ketua OSIS.

Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra mengatakan, usai pemilihan Ketua OSIS berlanjut menyusun kepengurusan. Nantinya sekolah akan melaksanakan orientasi dengan memberikan pembekalan kepada pengurus. Tujuannya, agar siswa yang duduk di struktur organisasi memahami tugas dan fungsinya. Juga memberikan pengertian, pentingnya berorganisasi, pentingnya belajar berdemokrasi, pentingnya menghargai pendapat orang lain. Juga mendapatkan pendidikan bidang keorganisasian, tata cara berorganisasi yang baik dan benar

"Pemilihan OSIS ini kan juga ajang pendidikan berdemokrasi secara langsung, bagian terpenting dari implementasi P5 (proyek penguatan profile pelajar Pancasila)," jelas Bagus Putra, pendidik dari Banjar Selat Kelod, Desa/Kecamatan Selat, tersebut.

Regenerasi kepengurusan di OSIS SMPN 1 Abang kata dia,  berjalan secara alami. Di mana, siswa kelas VII, selalu ikut dalam kepengurusan, sehingga setahun berikutnya, tidak sulit menyesuaikan jika kembali masuk struktur kepengurusan OSIS. Apalagi dalam pemilihan, selalu berpasangan, calon Ketua OSIS kelas VIII dan calon wakil ketua kelas VII. Sebagai guru pembina OSIS, Pande Putu Darmiasih SPd MPd.7k16

Komentar