nusabali

Kampung Baru Juara III Nasional Kampung Pancasila

  • www.nusabali.com-kampung-baru-juara-iii-nasional-kampung-pancasila

SINGARAJA, NusaBali - Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, dinobatkan sebagai kelurahan terbaik ketiga nasional sebagai Kampung Pancasila.

Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak kepada Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dan Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, Jumat (8/12) malam di Jakarta.

Sebelumnya Kampung Baru dipilih Kodim 1609/Buleleng dan Kodam IX/Udayana untuk mengikuti penghargaan KSAD ini karena kelurahan ini memiliki keragaman etnis dan agama yang sangat komplek. Namun keberadaan mereka yang diyakini sudah bermukim ribuan tahun lalu berjalan dengan sangat rukun dan harmonis, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penilaian oleh tim pusat pun datang langsung meninjau situasi yang ada pada 7 November 2023 lalu.

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan Program Kampung Pancasila melalui proses penilaian dua bulan lamanya. Program ini diharapkan terus dijalankan sehingga bisa meningkatkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat. Pancasila adalah nilai dasar yang mengikat dan mengelola keberagaman baik agama suku dan ras di Indonesia untuk bisa bersama dalam kehidupan yang harmonis.

“Saya selalu sampaikan bahwa investasi ini (Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika) sungguh luar biasa. Zaman dahulu kala orang sudah berpikir Bhinneka Tunggal Ika, mungkin generasi sekarang tidak terpikir kata-kata itu. Pendiri bangsa kita itu sangat luar biasa, dan kita harus terus merawat, terus meningkatkannya,” ujar mantan Pangdam IX/Udayana ini.

Jenderal TNI Maruli juga menjelaskan Program Kampung Pancasila merupakan ajang apresiasi kepada desa/kelurahan di bawah naungan Pemerintah Daerah, yang telah berhasil menerapkan nilai-nilai Pancasila. Penghargaan dari KSAD diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa di era teknologi yang semakin masif saat ini.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, sangat mendukung dan mengapresiasi program Kampung Pancasila. Terlebih Kelurahan Kampung Baru salah satu kelurahan di pusat Kota Singaraja ini dinobatkan sebagai terbaik ketiga nasional. Lihadnyana mengaku sangat bangga karena keberagaman dan toleransi tinggi masyarakat Kampung Baru dikenal secara nasional.

“Kami tentu sangat bangga dengan penghargaan ini. Hal ini menjadi cerminan bahwa toleransi, gotong royong, saling menghormati dan saling menghargai sebagai nilai-nilai Pancasila itu terjalin erat di Kabupaten Buleleng secara umum. Kondisi ini akan kita jaga terus dan semakin kita kuatkan di seluruh Buleleng dimulai dari Kelurahan Kampung Baru lalu ke kampung dan desa lainnya,” kata Lihadnyana. 7k23

Komentar