nusabali

Perubahan Musim, Diskes Ingatkan Warga Jaga Kesehatan

  • www.nusabali.com-perubahan-musim-diskes-ingatkan-warga-jaga-kesehatan

BANGLI, NusaBali - Dinas Kesehatan (Diskes) Bangli mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan, terlebih lagi dalam situasi perubahan musim dari kemarau ke hujan kali ini. Selain itu, masyarakat juga melakukan mitigasi bencana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Diskes Bangli dr I Nyoman Arsana, Selasa (5/12). Dia menyampaikan, dalam perubahan musim dari kemarau ke penghujan, perlu diwaspadai kasus demam berdarah. Meskipun sejak tiga bulan terakhir, kasus demam berdarah mengalami penurunan.

Menurut dr Arsana, pada bulan September tercatat 18 kasus, kemudian bulan Oktober dan November sama-sama 14 kasus. "Mudah-mudahan kasus terus menurun. Untuk itu, masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan rumah tangga, Banjar hingga desa," sebutnya.

Mantan Direktur RSU Bangli ini menyebutkan, pihaknya menyiapkan petugas melalui public safety center (PSC) untuk melayani ketika terjadi bencana. Selain itu, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan juga siaga. Di rumah sakit tetap disiapkan ruang isolasi, kemudian Puskesmas turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat. "Kami koordinasi dengan BPBD dan tim lainnya di kabupaten Bangli. Kami setiap saat melakukan persiapan di fasilitas layanan kesehatan," jelasnya.

Terkait kasus pneumonia, dr Arsana menegaskan agar masyarakat tidak panik. Tidak dipungkiri kasus pneumonia kini ramai dibicarakan. Diingatkan, ketika mengalami batuk pilek berkepanjangan agar segera memeriksakan lebih lanjut ke layanan kesehatan. ‘’Di Kabupaten Bangli masih aman, tanpa wabah. Tetapi harus tetap waspada mengingat mobilitas saat ini. Masyarakat masih trauma dengan Covid-19," kata pejabat asal Kintamani, Bangli ini. Ditambahkan, masyarakat agar menjaga kesehatan dan tetap produktif.7esa

Komentar