nusabali

Ketua DPRD Badung Serahkan Dana Motivasi kepada 23 UMKM

  • www.nusabali.com-ketua-dprd-badung-serahkan-dana-motivasi-kepada-23-umkm

MANGUPURA, NusaBali - Ketua DPRD Badung Putu Parwata menyerahkan bantuan dana motivasi kepada sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DPRD Badung, Rabu (29/11). Parwata mendorong berkembangnya UMKM di Badung yang nantinya akan turut membangun perekonomian di Gumi Keris.

Total sebanyak 23 UMKM yang diberikan dana motivasi dengan besaran Rp 1,5 juta per UMKM. Sejumlah UMKM tersebut merupakan binaan Lembaga Pengembangan Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (LP2SDM) Betlehem, Banjar Untal-Untal, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara.

“LP2SDM ini merupakan lembaga yang menghimpun masyarakat untuk bergerak di bidang UMKM. Oleh karena itu saya sebagai Ketua DPRD Badung ingin membangkitkan UMKM ini di seluruh Badung. Karena itu, kita mulai dari mereka yang memang sudah siap,” ujar Parwata.

Menurut Parwata, anggaran pemberian dana motivasi bersumber dari dana operasional Ketua DPRD Badung. “Jadi ini kita sisihkan supaya ekonominya jalan. Tapi kalau ada hal-hal yang lain juga kami tetap fasilitasi. Tapi prioritas untuk UMKM ini kami dorong supaya betul-betul menjadi tumbuh hidup, ekonomi bergerak,” tegas politisi PDIP asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara ini.

Parwata menambahkan, jika UMKM tersebut menunjukkan perkembangan yang bagus dalam tiga bulan, maka akan diambil oleh BPD untuk dilakukan pembinaan dan diberikan fasilitas kredit mikro. “Sehingga betul-betul pertumbuhan ekonomi di tahun 2024 tumbuh bersama-sama dengan UMKM,” katanya.

Lebih lanjut Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung ini mengatakan, UMKM tersebut merupakan binaan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung. Sedangkan lembaga perbankan yakni BPD Bali sebagai pendorong dan penggerak pertumbuhan ekonomi. “Jadi kami dorong supaya betul-betul pembinaan UMKM ini dilakukan dengan baik,” harap Parwata.

Pihaknya juga akan terus melakukan monitoring dan pembinaan. Dengan demikian, pemerataan ekonomi dan pembangunan yang ada di Kabupaten Badung ini bisa berjalan dan memberikan nilai tambah untuk masyarakat. @ ind

Komentar