nusabali

Pangdam Udayana Tuang 20 Ton Eco Enzyme ke Danau Batur

  • www.nusabali.com-pangdam-udayana-tuang-20-ton-eco-enzyme-ke-danau-batur

DENPASAR, NusaBali - Kodam IX/Udayana dipimpin langsung Pangdam Mayjen TNI Harfendi menggelar karya bakti di Danau Batur, Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Bangli, pada Senin (27/11).

Karya bakti ini digelar untuk menjaga keasrian Danau Batur yang merupakan kawasan Kaldera Gunung Batur yang terbentuk sekitar Dua Puluh Ribuan tahun dan sudah masuk dalam Geopark dunia (Global Geopark Network) UNESCO pada 20 September 2012.

Adapun jenis kegiatannya berupa penuangan Eco Enzyme sebanyak 20 ton, penebaran bibit ikan, penyerahan bibit pohon produktif kepada masyarakat dan pembersihan area danau. Eco Enzyme merupakan cairan multifungsi yang dihasilkan lewat proses fermentasi dari sampah organik yang berguna untuk menjernihkan, mengurai zat berbahaya dalam air, dan penormalan tingkat PH karena mengandung enzim aktif yang berasal dari mikro organisme yang telah diproses.

Pangdam berharap kepada semua pihak untuk berkomitmen yang sama untuk melestarikan kawasan Geopark Gunung Batur dalam hal ini Danau Batur sebagai tempat yang dilindungi dan dijaga kelestariannya karena memiliki nilai ekologi dan warisan budaya yang berfungsi sebagai daerah konservasi, riset ilmu pengetahuan, edukasi, pelestarian budaya serta bermanfaat untuk masyarakat.

"Hari ini kita menuangkan cairan Eco Enzyme sebanyak 20 ton dan penebaran bibit ikan mujair sebanyak 4.000 ekor, penyerahan bibit pohon produktif kepada perwakilan kelompok tani diantaranya pohon alpukat sebanyak 200 pohon, mangga sebanyak 100 pohon dan albesia sebanyak 150 pohon. Selain itu kami bagikan100 paket sembako gratis,” pungkasnya. Pol

Komentar