nusabali

Lega Depak Brasil, Argentina Tak Gentar Jumpa Jerman

  • www.nusabali.com-lega-depak-brasil-argentina-tak-gentar-jumpa-jerman

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Timnas Argentina U-17 Diego Placente mengaku lega tim asuhannya berhasil mendepak Brasil dari Piala Dunia U-17 2023. Kemenangan atas Brasil membuat Argentina ke semifinal, dan Placente pun tak gentar menghadap menghadapi Jerman di semifinal.

Tampil di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, pada Jumat (24/11) malam, Argentina mendapat perlawanan sengit dari Brasil. Tim yang dijuluki Albicelestes itu mencatatkan 52,2 persen penguasaan bola, berbanding 47,8 persen milik A Selecao.

Selain itu, Argentina melepaskan 16 tembakan yang enam di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Brasil memperoleh lima peluang bagus dari 16 kesempatan.

Meski beberapa kali ditekan Brasil, tim Tango Muda berhasil memetik kemenangan tiga gol tanpa balas. Ketiga gol Argentina ke gawang A Selecao melalui hattrick Claudio Echeverri pada menit ke-28, 58', dan 71'.

Placente tak menampik jika tim Argentina bekerja keras untuk mengalahkan Brasil. Meski begitu, Placente merasa lega Argentina mampu melewati duel sulit melawan A Selecao.

"Sebenarnya untuk Timnas Brasil U-17 adalah lawan yang sangat berat, tetapi kami berhasil melewatinya pada delapan besar. Ini adalah pertandingan yang sangat sulit, tetapi kami bisa melewatinya," kata Diego Placente.

Berkat kemenangan atas Brasil, Argentina lolos ke semifinal dan akan bersua Jerman. Jerman sendiri meraih tiket ke babak empat besar, berkat kemenangan 1-0 atas Spanyol di Jakarta International Stadium, Jumat sore WIB.

Rencananya, duel Argentina versus Jerman berlangsung di Stadion Manahan, Solo, 28 November. Duel tersebut sempat tertunda sekitar 20 menit, akibat lapangan yang tergenang air setelah hujan deras mengguyur kawasan Jakarta International Stadium.

Meski lapangan tidak dalam kondisi oke, Diego Placente menyebut Argentina tak kesulitan mengembangkan permainan. Namun, pelatih berusia 46 tahun tersebut tak menampik jika lapangan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung masih lebih bagus ketimbang JIS.

"Tidak ada masalah dengan hujan karena kami sudah terbiasa dengan cuaca hujan pada pertandingan sebelumnya. Kami sudah terbiasa dengan hal ini," kata Placente.

Menghadapi Jerman, Argentina diprediksi akan bekerja keras memetik kemenangan. Kendati begitu, Placente menegaskan anak asuhnya tak gentar meladeni Jerman. Meski Jerman dinilai sebagai lawan yang sangat sulit, tetapi kata Placente, timnya akan melakukan yang terbaik.

Sementara itu, kepercayaan diri skuad Jerman U-17 naik cukup tinggi. Jerman pun yakin akan melaju ke final dan meraih gelar juara.

Optimisme ini diungkapkan salah satunya oleh Finn Jeltsch. Bek Jerman itu yakin bahwa timnya bisa memenangi semua pertandingan dengan mentalitas yang mereka miliki dan bakal tampil sebagai juara.

Menurut Jeltsch, mentalitas macam ini sudah ditanamkan oleh sang pelatih, Christian Wueck. Mentalitas tersebut terbukti berhasil membuat Jerman meraih kemenangan kala menghadapi Spanyol. ant

Komentar