nusabali

Walikota Deklarasi ODF Wujudkan Masyarakat Sehat

Puncak Hari Kesehatan Nasional Ke-59 di Denpasar

  • www.nusabali.com-walikota-deklarasi-odf-wujudkan-masyarakat-sehat

DENPASAR, NusaBali - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kota Denpasar berlangsung di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Jumat (24/11).

Pada kesempatan tersebut Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, serta Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana menyatakan deklarasi Kota Denpasar sebagai Kota Open Defecation Free (ODF), stop buang air besar sembarangan, wujudkan masyarakat sehat. Piagam ODF diserahkan oleh Kadis Kesehatan Provinsi Bali Dr dr I Nyoman Gede Anom kepada Walikota Jaya Negara.

Puncak HKN juga dihadiri Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DWP Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana, yang dimeriahkan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita). Walikota Jaya Negara juga menyerahkan penghargaan kepada tenaga kesehatan, penyerahan ambulans Damakesmas, penyerahan sertifikat akreditasi, dan penyerahan bantuan sembako kepada lansia yang terdata dalam kemiskinan ekstrem.

Walikota Jaya Negara menyampaikan, deklarasi ODF sebagai bagian dalam mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar. Pola hidup bersih dan sehat menjadi peran aktif pemerintah serta tingkat kesadaran masyarakat Kota Denpasar.

“Gerakan masyarakat bersih dan sehat dalam sinergitas bersama dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujar Walikota Jaya Negara.

Disampaikannya, peringatan HKN ke-59 Tahun 2023 yang mengusung tema ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’, menjadi momentum penting untuk mewujudkan sumber daya kesehatan yang berkualitas di Kota Denpasar. Dia berharap ada partisipasi aktif dalam program-program kesehatan, peningkatan akses pelayanan medis, serta penekanan gaya hidup sehat. Dari langkah ini dibutuhkan adanya kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga kesehatan, dan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr Anak Agung Ayu Candrawati, menyampaikan berbagai agenda telah dilaksanakan dalam peringatan HKN tahun ini. Kegiatan safari kesehatan yang dilaksanakan sejak Agustus, seminar kesehatan jiwa, seminar diabetes, sosialisasi pencegahan hipertensi, tes kebugaran, hingga pemeriksaan urine deteksi penyalahgunaan narkoba dan napza.

“Seluruh kegiatan ini melibatkan kader-kader kesehatan, PKK, guru, pelajar, rumah sakit di Kota Denpasar, puskesmas, ASN. Beragamnya kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Denpasar bersama jejaringnya berkomitmen untuk terus menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya. @ mis

Komentar