nusabali

Pelni Denpasar Layani Keagenan Kapal Pesiar Virgin Voyages

  • www.nusabali.com-pelni-denpasar-layani-keagenan-kapal-pesiar-virgin-voyages

DENPASAR, NusaBali - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Denpasar melayani keagenan kapal pesiar milik Virgin Voyages yang sandar di Pelabuhan Benoa, Bali, mulai dari perizinan hingga kebutuhan makanan.

“Kami memulai komunikasi untuk penanganan kebutuhan kapal pesiar jumbo itu sejak tiga bulan,” kata Kepala Pelni Cabang Denpasar Muhammad Ardiansyah di Denpasar, Jumat (24/11) seperti dilansir Antara.

Salah satu kapal pesiar milik perusahaan raksasa yang saat ini ditangani BUMN itu yakni Resilient Lady di Pelabuhan Benoa, Denpasar, 23-24 November 2023. Dia menjelaskan kapal pesiar itu merupakan armada pertama ditangani dengan jumlah penumpang terbanyak yakni mendekati 2.000 orang wisatawan mancanegara.

Sebelumnya, Pelni Denpasar juga menangani segmentasi keagenan kapal pesiar, namun dengan kapasitas penumpang yang lebih sedikit. Adapun layanan yang diberikan di antaranya perizinan masuk kapal termasuk kru serta penumpang, perizinan terkait pemeliharaan (maintenance) kapal, hingga kebutuhan makanan.

Dia menjelaskan kapal pesiar mewah yang baru diluncurkan pada akhir tahun 2022 itu membawa 1.956 penumpang dan 1.100 orang kru. Kapal berbendera Bahama itu berlayar dari Singapura kemudian singgah di Benoa, Bali dan rencananya melanjutkan perjalanan dengan tujuan akhir di Sydney, Australia selama total durasi 15 hari.

Menurut Ardiansyah, mengoptimalkan layanan keagenan kapal pesiar dan kapal wisata (yacht) karena menjadi peluang besar untuk kerja sama bisnis, mencermati tingginya animo operator kapal pesiar singgah di Bali. Selama 2022, lanjut dia, Pelni Denpasar sudah menangani tiga kapal pesiar dan pada 2023 sudah melayani lima kapal pesiar termasuk milik Virgin yang memiliki kapasitas terbesar. Hingga tutup tahun 2023 diharapkan dapat melayani keagenan kapal pesiar menjadi total tujuh kapal pesiar. Mencermati potensi pasar itu, dia menargetkan pada 2024 dapat melayani keagenan kapal pesiar mencapai 15-20 kapal di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Sementara itu, berdasarkan data BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional III Benoa Denpasar selama Januari-Desember 2023 kapal pesiar yang daftar untuk sandar di Pelabuhan Benoa mencapai 51 kapal pesiar.

Sedangkan realisasi hingga 20 Oktober 2023 mencapai 31 kapal pesiar dengan total jumlah penumpang mencapai 22 ribu orang wisatawan mancanegara. 7 ant

Komentar